Seluruh Kepala Desa Harus Bagikan Masker untuk Masyarakat

oleh
(FOTO: Istimewa)

BOLTIM – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Salim Landjar menegaskan kepada seluruh kepala desa/sangadi agar menyiapkan masker untuk dibagikan ke masyarakat.

Pasalnya, masih banyak masyarakat yang tidak menggunakan masker saat di jalan dengan alasan belum membeli. “Saya minta sangadi-sangadi untuk menganggarkan dana desa sebanyak Rp100 hinggal 200 juta dan membeli masker untuk warga. Sebab masih banyak sekali yang tidak memakai masker saat berada di jalanan,” tegas Bupati, Rabu (22/4/2020).

Sementara, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 Desa Tombolikat telah membagikan sebanyak 1.250 masker gratis kepada seluruh masyarakat setempat, serta pengendara yang melintas.

Kepala Desa Nur Alheid mengatakan, pembagian ribuan masker tersebut masih tahap pertama dan disalurkan langsung ke rumah-rumah warga. “Di desa saya ada 1.126 jiwa semuanya dapat masker gratis, tidak terkecuali. Namun, ini masih tahap pertama, nanti akan adalagi pembagian masker tahap dua,” kata Alheid.

Dirinya mengupayakan, agar satu warga mendapat satu masker, agar bisa dipakai bergantian. Masker tersebut juga dibuatkan kantung untuk dilapisi tissue, serta dapat dicuci pakai. “Pengadaan masker ini menggunakan Dandes tahap I, tahun anggaran 2020 sebesar Rp100 juta,” sebutnya.

Lanjut dia, dana tersebut juga untuk pembelian handsprayer, disinfektan, alat pengukur suhu tubuh, alat pelindung diri (APD) yakni jas antiair, sepatu dan helm. (Novianti Kansil)