Pemkab Bolmong Siapkan Rusunawa dan Gedung PAUD untuk Isolasi PDP dan ODP

oleh
Kepala Dinas Kesehatan Bolmong, dr Erman Paputungan. (FOTO: Istimewa)

BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) menyiapkan rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) di Desa Lalow, Kecamatan Lolak dan gedung Pendidika Anak Usia Dini (PAUD) di setiap desa untuk dijadikan isolasi orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmong dr Erman Paputungan. Kata dia, rusunawa disiapkan jadi tempat isolasi bagi orang berstatus PDP dan ODP, jika kapasitas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Datoe Binangkang tidak memungkinkan.

“Kami siapkan Rusunawa,” ujarnya, belum lama ini. Dikatakannya, untuk sementara ini pihaknya mengandalkan rumah singgah di desa-desa. Sebut dia, setiap desa telah menyiapkan rumah singgah. Jika ada penolakan masyarakat, maka pihaknya menyiapkan PAUD sebagai tempat isolasi.

“Di tiap desa ada PAUD yang akan dijadikan tempat isolasi,” kata Erman. Sementara itu, jelas dia, hasil tes swab seorang warga Lolak yang mengikuti Itjima di Gowa, hasinya masih dinanti.

“Belum keluar hasilnya,” sebutnya. Dia menjelaskan, warga tersebut menjalani isolasi di rumah singgah Desa Mongkoinit. “Masih dalam pengawasan ketat kami,” tukasnya. (Ebby Makalalag)