Pemkab Minahasa Tenggara Jamin Ketersediaan Pangan Saat Puasa

oleh
(FOTO: Istimewa)

RATAHAN– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara menjamin ketersediaan bahan kebutuhan pangan pada saat bulan puasa. Hal ini dipastikan Kepala Dinas Kerahanan Pangan Kabupaten Mitra, Made Alit kepada wartawan, belum lama ini. “Meski saat ini bulan puasa di tengah kekhawatiran penyebaran Covid-19, tapi kami memastikan bahan pangan tersedia, dan tidak ada kelangkaan,” ungkapnya.

Lebih lanjut kata Made, pihaknya telah menurunkan tim seminggu menjelang pelaksanaan ibadah puasa untuk memantau ketersediaan pangan di masyarakat. “Kami tetap menjaga agar distribusi bahan kebutuhan pokok ini tetap lancar, meski di Minahasa Tenggara ada pembatasan keluar masuk orang. Tapi kami jamin untuk bahan pangan tidak terhambat,” katanya.

Selain itu, dikatakan Made, pihaknya telah menyurat ke Bulog dan pemerintah provinsi agar membantu dalam jaminan ketersediaan bahan pangan.”Memang untuk saat ini Minahasa Tenggara ada cadangan beras di petani sekira 1.900 ton dan sangat mencukupi kebutuhan masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, pasokan pangan bagi masyarakat, menurut Made pihaknya terus berkoordinasi dengan Dinas Sosial untuk mengawal pasokan Cadangan Beras Pemerintah (CBP).  “Antisipasi Pemkab bila terjadi kelangkaan, dilakukan pengadaan ke Bulog untuk CBP pada saat bulan puasa ini,” pungkasnya.

Sejumlah tokoh masyarakat berharap pemerintah kabupaten giat menggelar operasi pasar guna memastikan stok hingga distrubusi berjalan baik. Terlebih disituasi pendemi Covid-19. “Jangan kita hanya berpatokan pada data di atas kertas saja. Sementara di lapangan justru kondisinya berbeda. Maka dari itu kami mendesak pemerintah ikut memantau dan memastikan alur distribusi berjalan baik. Begitu juga dengan permainan oknum pedagang,” timpal tokoh masyarakat Jhoni Gahung. (Marvel Pandaleke)