Penyebab Tertularnya Pasien ke-41 Warga Manado Mulai Ada Titik Terang

oleh
Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sulut, dr Steaven Dandel. (FOTO: Fernando Rumetor)

MANADO – Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terus mendalami penyebab tertularnya pasien ke-41 warga Manado yang sudah dinyatakan positif virus korona (Covid-19). Penyelidikan tersebut berlahan mulai ada titik terangnya.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sulut, dr Steaven Dandel menjelaskan, sesuai penelusuran, pasien ke-41 tersebut pernah mengunjungi beberapa fasilitas kesehatan (Faskes) sebelum masuk ke rumah sakit.

“Jadi perjalanannya makin jelas dan dinamika transmisinya makin kita bisa perkecil. Kita berharap dari kontak erat yang kita periksa ini, kemudian kita bisa tahu siapa indeks case yang berpotensi menularkan ke pasien bersangkutan,” ungkap Dandel saat video konferensi bersama wartawan, Rabu (29/4/2020).

Lanjut dia, Pasien ke-41 yang merupakan laki laki (68) asal Manado, sebelumnya telah dinyatakan sebagai pasien dalam pengawasan (PDP), kemudian setelah dites swab, pasien tersebut dinyatakan positif tertular Covid-19.

“Setiap PDP di Sulut tanpa memandang riwayat perjalanan dari manapun, ketika ada gejala gangguan pernapasan batuk, demam, dan ketika di rontgen (foto thoraks) ada tanda-tanda pneumonia, maka orang yang bersangkutan langsung dilakukan pemeriksaan swab,” terang Dandel.

Sebelumnya, pasien ke-41 tersebut dinformasikan tertular atau terkonfirmasi positif korona, tetapi bersangkutan tidak mempunyai riwayat perjalanan dari daerah transmisi lokal. Makanya, terkait kasus pasien ke-41 itu, Gugus Tugas Covid-19 melakukan pendalaman untuk mencari tahu penyebab penularannya. (Fernando Rumetor)