Awasi Akses Jalur Laut, Pemdes di Wilayah Pesisir Diminta Proaktif

oleh -
Bupati Bolsel Iskandar Kamaru. (FOTO: Istimewa)

BOLSEL – Meski sampai dengan hari ini Kabupaten Mongondow Selatan (Bolsel) masih bebas dari kasus positif Covid-19, namun kewaspadaan akan ancaman penyebaran virus tersebut patut terus dipehatikan dan ditingkatkan.

Seperti diketahui, upaya pencegahan telah dilakukan lewat jalur darat, namun untuk akses laut tampaknya masih terdapat cela yang bisa membuat daerah kebobolan dari para pelintas daerah yang menggunakan akses tersebut.

Hal ini pun turut disampaikan oleh Bupati Bolsel, Iskandar Kamaru. Menurut Bupati, melihat kondisi keterbatasan pengawasan untuk akses laut, maka ia berharap agar setiap warga proaktif, khususnya pemerintah desa (Pemdes) di wilayah pesisir pantai untuk bisa mengawasi setiap orang yang masuk melalui jalur laut. “Ini agar semua akses jalur masuk dan keluar di Bolsel dapat diawasi secara maksimal. karena tinggal pengawasan dari jalur laut ini yang belum maksimal. makanya saya minta pemdes hingga masyarakat proaktif,” ujar Bupati, Rabu (14/5/2020).

Lanjut bupati, setiap nelayan atau warga yang berasal dari daerah lain agar diwajibkan untuk melapor ke pemerintah desa setempat. “Kondisi ini sebagai upaya pencegahan dan melihat dari situasi saat ini bahwa Bolsel sudah terkurung dengan daerah-daerah yang sudah ada Kasus Positif Korona yakni Gorontalo, Bolmong, Boltim, dan Kotamobagu. Makanya saat ini yang dibutuhkan kerja ekstra,” tegasnya. (Irfani Alhasbyi)