Miliki Gejala Ringan, Dua Pasien Positif Korona Dirawat di Rumah Singgah

oleh -
(Ilustrasi/FOTO:Istimewa)
MANADO – Berdasarkan data yang disampaikan Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), terdapat dua orang pasien positif terjangkit Covid-19 yang sementara dirawat di rumah singgah milik Pemprov Sulut.
Menurut Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Covid-19 Sulut, dr Steaven Dandel, keduanya memiliki gejala ringan dan dirawat di ruangan tersendiri, serta kesehatannya selalu dipantau dan diawasi oleh tim yang berada di rumah singgah.
“Keduanya terjaring dari hasil rapid test yang reaktif. Kemudian ketika dilakukan pemeriksaan swab hasilnya positif. Nah, karena tanpa gejala maupun gejala minim, maka kita mengambil kebijakan mereka bisa dirawat di rumah singgah, tentunya dengan prosedur keamanan khusus, ruangan mereka dipisahkan, dengan pengawasan dari tenaga medis,” bebernya saat konferensi video bersama wartawan pada Minggu (17/5/2020).
Lanjut dia, karena keduanya juga dikategorikan sebagai orang tanpa gejala (OTG), maka mereka bisa dirawat di rumah singgah milik Pemprov Sulut tersebut.
“Ini juga merupakan bagian dari sistem untuk menjaga jangan sampai rumah sakit rumah sakit yang harus merawat pasien yang gawat, yang kritis kemudian penuh kapasitasnya,” ungkap Dandel.
Adapun hingga saat ini, total akumulatif pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Sulut sebanyak 114 orang, dimana 31 orang telah dinyatakan sembuh, 7 orang meninggal serta 76 orang masih dalam perawatan di ruang isolasi yang ada di rumah sakit maupun di rumah singgah. (Fernando Rumetor)