Forum Komunitas Maritim Bitung Salurkan Bantuan Sosial untuk Warga Sekitar Pelabuhan 

oleh -
Kepala KSOP Klas II Bitung, Mursidi, menyerahkan Bantuan Sosial (Bansos) kepada perwakilan buruh pelabuhan, di lobby KSOP Bitung, Senin (18/5/2020). (FOTO : Yappi Letto)

BITUNG – Peduli terhadap warga yang terdampak Covid-19, Forum Komunitas Maritim Bitung menyalurkan bantuan sosial (Bansos) kepada warga dan pekerja pelabuhan di lobi Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Bitung, kemarin.

“Kegiatan ini bangkit dari rasa saling memiliki kepada pekerja dan warga yang terdampak Covid-19 sekitar pelabuhan Bitung. Satu kebanggaan karena kita kita boleh menggabungkan intitusi yang ada dalam pelabuhan Bitung untuk sama-sama menyalurkan bantuan,”ungkap Kepala Subbag Tata Usaha KSOP Klas II Bitung, Christian Egam.

Sementara, perwakilan Forum Komunitas Maritim Bitung, Erauw Sondakh mengatakan, pihaknya sangat berkerinduan untuk berbagi dengan warga yang terdampak. “Saat ini dunia sedang mengalami bencana Covid-19 dan ini dirasakan sampai Kota Bitung, karena itu kami terpanggil untuk menghimpun semua instansi pelabuhan Bitung dan memberikan bantuan untuk warga,”ujarnya.

Legislator Partai Golkar ini menambahkan, pembentukan forum kepelabunahan dan pemberian bantuan tersebut merupakan gagasan baru yang dimotori Kepala KSOP Klas II Bitung, Mursidi. “Dengan forum ini, kita pererat rasa kebesamaan dan untuk membahas persoalan Pelabuhan Bitung, tentunya dengan solusi yang sangat baik. Kegiatan ini murni untuk membantu warga melalui organisasi dan rumah ibadah,”tuturnya.

Kepada para wartawan, Kepala KSOP Klas II Bitung, Mursidi memberikan apresiasi atas pemberian bansos tersebut yang merupakan inisiasi dari forum yang baru dibentuk bulan lalu, sebagai wadah komunikasi komunitas maritim Kota Bitung, yang kebutulan ada beberapa instansi dan pengurus asosiasi.

“Salah satu kegitan yang dilakukan adalah bagaimana memecahkan hal-hal berhubungan dengan kegiatan pelabuhan, termasuk kegiatan sosial. “Salah satu program kerjanya adalah mengumpulkan usulan anggota dan memberikan bantuan kepada masyarakat dengan sekaligus membagi berkat dengan sesama,”tuturnya.

Adapun, bantuan yang diberikan berupa 5 kilogram (Kg) beras, mi instan lima bungkus dan gula pasir 1 kg dan minyak goreng 1 kg. 100 paket disumbangkan KSOP Klas II Bitung, Pangkalan PLP Klas II Bitung 30 paket, Bea dan Cukai Bitung 20 paket, Pelindo IV Cabang Bitung 100 paket, TPB Pelindo IV Cabang Bitung 100 paket, PT ASDP 180 paket, PT Pelni-PPS-PSDKP-KKP 40 paket, ALFI/ILFA 100 paket, APBMI 50 paket, INSA 173 paket, dan PT AKR 15 paket dan diberikan kepada para pekerja/buruh pelabuhan, warga sekitar dan pensiunan serta gereja dan masjid. (Yappi letto)