Pemerintah Pusat Segera Cairkan DAK ke Daerah

oleh -
Wakil Gubernur Steven Kandouw. (Foto: Rivco T)

MANADO – Dampak pandemi virus korona (Covid-19) membuat hampir seluruh dana tranfer dari pemerintah pusat ke daerah tertunda.

Seperti Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Intensif Daerah (DID dan Dana Alokasi Khusus (DAK) yang tertunda hingga dipotong karena untuk penanganan Covid-19.

Meski begitu, ternyata terkair pencairan DAK telah disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mendongkrak pembangunan daerah.

“Yah, pak Presiden memerintahkan DAK dicairkan. Dengan adanya DAK akan sangat membantu daerah agar lebih sedikit bernafas,” ungkap Wakil Gubernur Steven Kandouw, Jumat (3/7/2020).

Terkait hal ini, lanjut Kandouw, pihaknya telah mengumpulkan sejumlah pejabat terkait, baik Asisten III, Asisten II dan Kepala Inspektorat untuk membahas pengalokasian DAK.

“Kita sudah menyusun dan mengalokasikan kembali dinas mana yang DAK-nya dinormalkan. Tentunya dengan pencairan dana tranfer daerah seperti DAK Fisik, diharapkan akan membantu pembangunan infrastruktur di masa new normal,” tandasnya. (rivco tololiu)