Gubernur: Mari Kita Beri Dukungan bagi 6.507 Tenaga Medis yang Terus Berjuang Tangani Covid-19

oleh -
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulawesi Utara, Olly Dondokambey. (Istimewa)
MANADO – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang dipimpin Gubernur Olly Dondokambey mencatat 6.507 tenaga medis dikerahkan untuk menangani pandemi Covid-19 di Sulut.
Tenaga medis ini bertugas di 48 rumah sakit rujukan dan penunjang milik pemerintah dan swasta yang ada di seluruh kabupaten dan kota di Sulut.
“Mari kita terus beri dukungan dan doa bagi 6.507 tenah medis yang berjuang tangani Covid-19,” ungkap Gubernur Olly Dondokambey, Rabu (8/7/2020).
Olly menyebut saat sesuai laporan ke pihaknya rumah sakit yang menangani Covid-19 baik swasta dan pemerintah mempunyai kapasitas 6.479 tempat tidur.
 
“Termasuk ada 1.078 tempat tidur isolasi dan 50 ventilator. Kita terus berupaya agar setiap pasien Covid-19 mendapat perawatan dan penanganan yang baik,” ujarnya.
Adapun rumah sakit yang menangani Covid-19 tersebut diantaranya RS Prof Kandou Manado, RSUD Bitung, RS Maria Walanda Minahasa Utara, RS GMIM Bethesda Tomohon, RSUD Noongan Minahasa dan RSUD Amurang Minahasa Selatan.
Kemudian, RSUD Mitra Sehat Minahasa Tenggara, RSUD Kota Kotamobagu, RSUD Datoe Binangkang Bolaang Mongondow, RSUD Bolaang Mongondow Selatan, RSUD Bolaang Mongondow Utara, RSUD Talaud, RSUD Liun Kendage Sangihe dan RSUD Tagulandang Sitaro.
Dari 6.507 tenaga medis ini antara lain 1.525 tenaga dokter dengan rincian 530 Dokter Umum, 124 Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan 871 Dokter Spesialis Lainnya.
Sementara untuk jumlah perawat dan bidan yang bertugas menangani pasien yang terindikasi Covid-19 mencapai angka 4.982 untuk seluruh Sulut. (rivco tololiu)