Program Tol Laut Bantu Warga Kepulauan Dapatkan Barang Kebutuhan dengan Harga Terjangkau

oleh -
Kapal angkutan logistik program Tol Laut yang beroperasi di Provinsi Sulawesi Utara. (Istimewa)
MANADO – Pemerintah Pusat memberi apresiasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan Pemerintah Kabupaten Sangihe yang mengoptimalkan program Tol Laut.
Kementrian Perhubungan (Kemenhub) akan memberikan penghargaan kepada Pemprov Sulut dan Pemkab Sangihe karena dinilai sebagai daerah dan operator terbaik untuk operasional angkutan logistik Tol Laut semester I tahun 2020.
“Ini tentunya dapat menjadi kebanggaan bersama karena kerja keras Pemprov Sulut dan Pemkab Sangihe mengangkat citra Provinsi Sulut, terlebih di Kabupaten Sangihe sendiri,” ungkap Gubernur Olly Dondokambey, Rabu (15/7/2020).
Dia menyebut, terkait program ini telah dibahas dalam Rakorev Tol Laut lewat video conference yang digelar Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Selasa (14/7) lalu.
“Vidcon yang juga dihadiri sejumlah kementrian terkait membahas program positif dari Tol Laut karena dinilai dapat menyiapkan dan menurunkan harga barang-barang kebutuhan warga di wilayah kepulauan dan perbatasan,” bebernya.
Meski begitu, kata Olly, permasalahan yang perlu ditangani secara bersama semua pemangku kepentingan yaitu soal sarana prasarana kepelabuhanan.
“Khususnya pengembangan dermaga dan fasilitas penunjangnnya, serta peran pemerintah daerah terkait penanganan muatan balik yang masih minim dan perubahan rute,” tandasnya. (rivco tololiu)