Paling Tinggi di Pulau Sulawesi, IPM Sulut Capai 72,99

oleh -
(Istimewa)
MANADO – Pemerintahan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) berhasil meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).
Sesuai rilis laporan Badan Pusat Statistik (BPS), IPM Sulut pada 2019 mencapai 72,99. Angka meningkat sebesar 0,79 poin atau tumbuh 1,09 dari tahun 2018.
Pencapaian ini menempatkan Provinsi Sulut sebagai daerah ketujuh di Indonesia dengan peningkatan IPM, atau paling tinggi se pulau Sulawesi.
“Pembangunan manusia merupakan salah hal yang menjadi prioritas yang terus kita dorong lewat program kerja pemerintah. Kita berharap kedepan IPM Sulut dapat terus meningkat,” ungkap Gubernur Olly Dondokambey, Kamis (23/7/2020).
IPM Sulut memang terus mengalami kemajuan atau peningkatan selama periode 2010 sampai 2019.
Data BPS menyebut, IPM Sulut pada 2010 dengan angka 67,83 menjadi 72,99 di tahun 2019.
Selama periode itu, IPM Sulut rata-rata tumbuh sebesar 0,82% per tahunnya. Dan meningkat dari level sedang menjadi tinggi mulai dari tahun 2015.
“IPM merupakan merupakan indikator yang digunakan untuk melihat perkembangan pembangunan manusia di suatu wilayah dalam jangka panjang,” tuturnya.
Untuk melihat kemajuan pembangunan manusia, kata Olly, terdapat dua aspek yang perlu diperhatikan, yaitu kecepatan dan status pencapaian IPM.
“IPM menjelaskan bagaimana penduduk dapat mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendapatan, kesehatan, pendidikan dan sebagainya. Makanya ini yang terus kita dorong untuk kemajuan Provinsi Sulut yang semakin hebat kedepan,” tandas orang nomor satu di Bumi Nyiur Melambai tersebut. (rivco tololiu)