Tahap Dua Pembukaan Mal di Kota Manado, Bioskop dan Salon Belum Boleh Buka

oleh -
Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Manado, drg Sanil Marentek. (FOTO: Istimewa)

MANADO- Setelah dilakukan pembukaan pusat perbelanjaan/mal di Manado pada tahap pertama sejak 10 Juli 2020 lalu, maka mulai Sabtu (25/7/2020) besok, tahapan kedua pembukaan Mal di Manado telah disetujui oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Manado melalui Gugus Tugas Covid-19 Manado.

Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Manado, drg Sanil Marentek, untuk tahap kedua ini, pihaknya mempersilahkan bagi para pengelola Mal yang akan mulai menerapkan pembukaan Mal tahap kedua.

“Tentunya dengan persyaratan-persyaratan yang sudah dipenuhi. Protokol kesehatan yang sudah disepakati dengan Satgas Covid-19 Manado pada waktu pembukaan awal, agar dipertahankan dan malah ditingkatkan,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (24/7/2020).

Lanjut dia, bagi pengelola Mal yang sudah siap memasuki tahapan kedua ini, terkait jam operasional Mal, telah diperkenankan untuk beroperasi mulai dari jam 10:00 WITA sampai dengan jam 20:00 WITA.

“Tadinya tahap pertama jam 12 siang sampai jam 6 sore, untuk tahap kedua ini, silahkan untuk buka operasional dari jam 10 pagi sampai jam 8 malam,” ungkap Direktur RSUD Kota Manado itu.

Selain itu juga, kata Marentek, di tahap kedua ini, kapasitas pengunjung maupun tenant yang melayani ditingkatkan hingga 50%, setelah sebelumnya pada tahap pertama hanya diperkenankan sebesar 30% saja.

“Tapi untuk bioskop, salon, tempat bermain anak, dan ada beberapa yang sudah disepakati itu, mohon sementara belum diperkenankan buka,” tukasnya.

Dirinya menyampaikan untuk usaha-usaha yang belum boleh buka tersebut, akan dilakukan evaluasi dan ditinjau kembali oleh pihaknya, terutama oleh Ketua Gugus Tugas Covid-19 Manado yang juga Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut.

“Beliau akan meninjau lagi, apakah pada tahap tiga, apa akan diperkenankan buka yang usaha-usaha lain didalam Mall,” beber Marentek. (Fernando Rumetor)