Dua Hari Terakhir Kasus Covid-19 Sulut Bertambah Signifikan, Ini Penjelasan Gugus Tugas

oleh -
dr Steaven Dandel. (FOTO: Fernando Rumetor)

MANADO- Dalam kurun waktu dua hari terakhir, total penambahan kasus baru Covid-19 di Provinsi Sulawesi Utara terbilang cukup signifikan, yakni berjumlah 165 orang. Kamis (30/7/2020) Sulut ketambahan 85 kasus baru, sedangkan hari ini Sulut ketambahan 80 kasus Covid-19 baru.

Penambahan tersebut, menurut Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sulut, dr Steaven Dandel, karena dalam seminggu terakhir, kapasitas output dari laboratorium (Lab) RT-PCR di Sulut telah bertambah banyak.

“Sudah dikisaran 600 sampai dengan 750 sampel perhari. Hasil ini didapat dari tiga Lab PCR Covid-19 yang sudah ada sebelumnya, yakni BTKL-PP, BPOM dan RSUP Prof RD Kandou,” bebernya dalam siaran pers yang diterima wartawan SINDOMANADO.COM kemarin.

Dirinya membeber bahwa dengan adanya peningkatan kapasistas output dari ketiga Lab PCR tersebut, berdampak pada penambahan kasus Covid-19 di Bumi Nyiur Melambai yang cukup signifikan.

“Kapasitas yang makin besar ini mempunyai dampak pada pertambahan kasus harian di Sulawesi Utara yang cenderung meningkat,” terang Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkesda Sulut itu.

Adapun, hingga di penghujung bulan Juli ini, total kasus Covid-19 Sulut telah mencapai angka 2.580, dengan 1.224 orang diantaranya telah dinyatakan sembuh, 132 orang meninggal, serta 1.224 orang masih dalam pemantauan dan perawatan. (Fernando Rumetor)