Bertambah 78 Kasus Covid-19 di Sulawesi Utara, Berikut Rinciannya

oleh -
dr Steaven Dandel. (FOTO: Istimewa)

MANADO- Berdasarkan penyampaian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), pada Senin (3/8/2020) ini, Sulut ketambahan kasus baru Covid-19 sebanyak 78 kasus.

Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sulut, dr Steaven Dandel, dari penambahan 78 kasus baru pada hari ini, Kota Bitung untuk pertama kalinya menjadi penyumbang terbanyak, dengan 31 kasus Covid-19 baru.

“Lalu Tomohon ada 25 kasus, Manado tiga kasus, Minahasa tujuh kasus, Minut lima kasus, Mitra satu kasus, Kotamobagu dua kasus, Bolmong dan Sangihe masing-masing satu kasus, serta Sitaro dua kasus,” tulisnya dalam siaran pers yang diterima wartawan SINDOMANADO.COM.

Adapun, saat dikonfirmasi lebih lanjut, dirinya menyampaikan bahwa dari 31 kasus Covid-19 di Bitung yang diumumkan pada hari ini, 90% diantaranya adalah orang tanpa gejala (OTG), kontak erat resiko tinggi (KERT), serta rapid test yang hasilnya reaktif.

“Kami dari Provinsi berupaya mengendore kabupaten/kota untuk memperkuat cakupan pemeriksaan swab, supaya deteksi dininya makin cepat. Konsekuensi perluasan pemeriksaan swab, maka akan makin banyak kasus ditemukan,” tukas Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkesda Sulut itu.

Dengan demikian, maka total kasus Covid-19 di Sulut telah mencapai 2.746, dimana 1.391 orang diantaranya telah dinyatakan sembuh, 134 orang meninggal, dan 1.221 orang masih sementara dalam pemantauan maupun perawatan.

Berikut rincian ke-78 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang merupakan pasien ke-2.669 sampai dengan pasien ke-2.746 di Sulut:

(Fernando Rumetor)