Selangkah Lagi, RoSe Jadi Balon Perseorangan di Pilkada Tomohon  

oleh -
Komisioner KPU Tomohon divisi teknis Robby Golioth. (FOTO: Wailan Montong)

TOMOHON– Lanjutan tahapan sekaligus masuk sebagai penentuan apakah Tomohon bakal menjadi satu-satunya daerah yang akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tingkat dua diikuti calon perseorangan. Pasca-Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kota Tomohon menerima perbaikan dukungan Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) perseorangan Robert Pelealu dan Fransiscus Soekirno (RoSe). Digenapi dalam penyarahan berita acara verifikasi administrasi perbaikan, pasangan ini dinyatakan lolos dengan jumlah dukungan 4.676, bertempat di Kantor KPU Tomohon, Kamis (6/8/2020).

Komisioner KPU Tomohon divisi teknis Robby Golioth menuturkan telah dilakuan verifikasi administrasi dengan hasil dukungan perbaikan yang dinyatakan memenuhi syarat dengan 4.676 dukungan hasil perbaikan. “Tadi telah dilakukan penyerahan berita acara tadi ke LO bapaslon perseorangan, dengan hasil yang diperoleh, Bapaslon telah memenuhi kekurungan. Nantinya akan berlanjut ke verifikasi faktual yang akan berlangsung 10-16 Agustus mendatang,” terang Golioth.

Lanjut Golioth, untuk tahapan verfak berbeda dengan pelaksanaan verfak awal. “Untuk teknis pelaksanaan verfak nanti dilaksanakan secara kolektif. Jadi para pendukung ini dikumpulkan oleh LO untuk dilakukan verfak. Tentu dengan teknis seperti ini tetap kami mengarahkan untuk memperhatikan protokol kesehatan Covid-19,” lanjutnya.

Sementara itu, dari kubu Bapaslon RoSe melalui koordinator LO Philep Karamoy menuturkan pihaknya tetap konsisten dalam semangat memenuhi persyaratan. “Sekali lagi kami menegaskan setelah menyelesaikan tahap ini, kami semangat kami tetap berada di satu tingkat di atas optimis. Tahapan lalu menjadi bahan evaluasi kami sekaligus pembelajaran, sehingga tim kami lebih siap menghadapi verfak perbaikan nanti,” tegas Karamoy. (Wailan Montong)