Pesona Rebut Juara Umum, Lomban Tutup Kejuaraan Catur Wali Kota Cup I

oleh -
Wali Kota Bitung, Max J Lomban menyerahkan hadiah. (FOTO: Istimewa)

BITUNG – Kejuaraan Catur Wali Kota Bitung CUP I Tahun 2020, resmi ditutup Wali Kota Bitung, Max J Lomban, sekaligus membawakan sambutan dan menyerahkan hadiah kepada para pemenang, Sabtu (8/8/2020), di lapangan Pemkot Bitung.

Dalam laporannya, Wakil Ketua Umum Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Sulut, Herry Benyamin yang juga penyandang gelar Master Nasional mengatakan, kejuaraan Catur tersebut mempertandingkan dua kategori, perorangan umum dan beregu.

“Jumlah peserta yang ikut berpartisipasi dalam kejuaraan catur sebanyak 126 atlet, yang terdiri atas kategori perorangan umum dan kategori beregu. Kegiatan ini di prakarsai oleh Wartawan Biro Bitung, Dinas Kesehatan, dan Aliansi Pemerhati penyakit menular dan Covid-19,” ujarnya.

Lanjut dia, kegiatan ini dibuka hanya bagi atlet catur Kota Bitung, di sebabkan kondisi yang tidak memungkinkan untuk menggelar event lebih besar lagi, karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, karena itu, kejuaraan yang digelar, tetap mengikuti standar protokol kesehatan.

“Selaku inspektur pertandingan, saya laporkan, hasil kejuaraan yang berlangsung selama sua hari ini, pemenang kategori beregu, juara 1 Pesona, juara 2 Dispora, dan juara 3 PDAM. Sementara untuk kategori perorangan umum, juara 1 Servi Kaunang, juara 2 Nelson Sagune dan juara 3 Zainudin MA, selanjutnya untuk kategori perorangan diberikan juga hadiah sampai juara lima belas,” ujarnya.

Wali Kota Bitung, Max J Lomban dalam sambutannya memberikan apresiasi atas kerja keras panitia pelaksana di bawah komando dr Calvin Wuisang. “Ke depan buat lagi kegiatan seperti ini, tapi dengan skala lebih besar lagi. Saya tegaskan, dalam kegiatan ini, pemerintah tidak mengeluarkan biaya sepeserpun, ini murni usaha panitia, mereka mencari sponsor, sehingga kegiatan ini boleh sukses,” ujarnya.

Lomban juga mengajak seluruh lapisan masyarakat, untuk tidak menyampaikan berita bohong atau fitnah di media sosial. “Ingat dan laksanakan selalu himbauan pemerintah, dengan lima M, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menghindari perkumpulan, makan makanan bergizi, dan memohon pertolongan Tuhan Yang Maha Esa, agar Covid-19 cepat berlalu,”ungkapnya.

Sementara, Ketua Panitia pelaksana, dr Zainal Calvin Wuisang mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta, yang sudah ikut ambil bagian dalam Kejuaraan Catur Wali Kota Bitung Cup I Tahun 2020, sehingga bisa terlaksana dengan baik.

“Luar biasa antusias atlit Catur Kota Bitung, mulai dari anak-anak sampai lanjut usia ikut meramaikan kegiatan dalam rangka HUT RI ke 75 ini, apresiasi juga buat tim Juri, Lexi Sangkilang, Stenly Manopo, Boy Tumimomor dan Robert Bato dibawah komando Master Nasional Herry Benjamin, serta rekan-rekan wartawan Kota Bitung pencinta Catur, juga ketua aliansi John Sineri,” ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bitung ini. (Yappi Letto)