Signifikan, Kasus Covid-19 Sulawesi Utara Bertambah 126, Ini Rinciannya

oleh -
Rincian kasus Covid-19.

 

MANADO- Berdasarkan penyampaian oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada Kamis (13/8/2020) ini, Bumi Nyiur Melambai kembali ketambahan kasus baru virus korona yang cukup signifikan, yakni mencapai 126 kasus pada hari ini.

Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sulut, dr Steaven Dandel, penambahan kasus Covid-19 yang cukup signifikan pada hari ini terjadi karena adanya akumulasi dari kasus yang memeriksakan diri di salah satu Laboratorium (Lab) Swasta yang ada di Sulut.

“Yang mana akumulasi kasusnya sudah berlangsung selama 3 minggu terakhir dan baru terlapor di Gugus Tugas Covid-19 pada 3 hari yang lalu. Jumlahnya cukup banyak yakni 72 Kasus,” tulisnya dalam siaran pers yang diterima oleh wartawan SINDOMANADO.COM.

Hari ini sendiri, berdasarkan penyampaian Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkesda Sulut ini, Kota Manado menjadi penyumbang terbanyak dengan 36 kasus Covid-19 baru, diikuti Kota Bitung dengan 19 kasus baru, kemudian dari luar wilayah ada 15 kasus, dan dari Kota Tomohon terdapat 13 kasus Covid-19 baru.

“Lalu dari Minut ada 12 kasus, Minahasa ada 10 kasus, Minsel ada 9 kasus, juga dari Mitra Kotamobagu dan Bolmong masing-masing ada penambahan 2 kasus baru. Kemudian dari Kep. Talaud ada empat kasus, serta Bolmut dan Kep. Sitaro masing-masing satu kasus,” beber Dandel.

Adapun total akumulatif kasus Covid-19 Sulut telah mencapai angka 3.150 kasus. 1.821 orang diantaranya telah dinyatakan sembuh, sehingga angka kesembuhan Covid-19 di Provinsi paling utara Pulau Sulawesi ini telah mencapai 57,8% dari total kasus yang ada. Sementara itu, jumlah kasus kematian akibat Covid-19 di Sulut tetap 143 orang, atau sebanyak 4,5% dari total jumlah kasus Covid-19 di Sulut. Jumlah kasus aktif atau yang masih dalam proses pemantauan maupun perawatan sendiri, saat ini berjumlah sebanyak 1.186 orang. (Fernando Rumetor)