Kunjungi UPI Manado, Pelayanan Eazy Passport Jaring 42 Pemohon

oleh -
Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Bitung, Adithia Barus, memaparkan layanan Eazy Passpor, dihadapan Rektor dan Mahasiswa UPI Manado. (FOTO: Istimewa)

BITUNG – Menindaklanjuti surat edaran Plh Direktur Jenderal Imigrasi 30 Juni 2020 tentang layanan Eazy Passport, jajaran Kantor Imigrasi Kelas II TPI Bitung mengunjungi Kampus Universitas Pembangunan Indonesia (UPI) Manado pada Kamis (27/8/2020). Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Bitung, Adithia Barus memaparkan maksud dan tujuan kedatangan untuk merealisasikan pelayanan Eazy Passpor sebagai program peningkatan kualitas pelayanan publik dan juga inovasi pelayanan publik.

Menurut Adithia, layanan Eazy Passport merupakan kegiatan jemput bola, dimana petugas Imigrasi yang datang langsung di lokasi pemohon dan membawa peralatan penunjang kegiatan sesuai dengan SOP. “Kami datang untuk melayani publik dilapangan, terobosan ini dilakukan untuk mengurai kerumunan pemohon yang datang di kantor sekaligus mempermudah bagi siapa saja yang akan mengurus paspor secara kolektif. “Akan dilayani Imigrasi akan melayani untuk para pemohon sampai melaksanakan proses, tentunya sesuai syarat dan ketentuan, selesai diproses dan terbit, paspornya akan diantarkan kembali di UPI Manado,”ujar Adithia kepada KORAN SINDO MANADO/SINDOMANADO.COM, Minggu (30/8/2020).

Rektor Universitas Pembangunan Iindonesia Manado, Debby Ch Rende megucapkan terima kasih atas kunjungan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Bitung. “Dengan program Eazy ini, mahasiswa kami tidak lagi ke Bitung, tapi langsung datang ke kampus kami dan pelayanannya sangat familiar, terima kasih untuk Kantor Imigrasi Kelas II TPI Bitung,”ujar Rende.

Amelia, salah satu mahasiswi memberikan apresiasi atas terealisasinya program Eazy Passpor. “Terima kasih kepada Kantor Imigrasi Bitung, ini memudahkan saya mengurus Paspor, sehingga tak lagi ke Kantor Imigrasi Bitung, melainkan Kantor IMigrasi Bitung yang datang menemui saya,”ujar mahasiswa fakultas keperawatan ini.  Pelaksanaan kegiatan tersebut, dipantau langsung Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sulut, Ganda Samosir, hadir juga para pejabat serta staf dari Kantor Imigrasi Kelas II TPI Bitung, sekaligus bertugas untuk melayani permohonan. Sedangkan untuk permohonan, 42 mahasiswa UPI  secara kolektif mengikuti proses pembuatan Paspor. (Yappi Letto)