Rapat Perdana, Pjs Gubernur Sulut Minta Perangkat Daerah Maksimal Serap Anggaran

oleh -
Pjs Gubernur Sulut Agus Fatoni saat memberikan arahan dalam rapat kerja perdana di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut. (istimewa)

MANADO – Pelaksanaan program kerja hingga penyerapan anggaran di masing-masing perangkat daerah (PD) menjadi perhatian serius Pjs Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Agus Fatoni. Itu disampaikannya saat memimpin rapat kerja bersama jajaran Pemprov Sulut di Aula Mapalus, Kantor Gubernur Sulut, kemarin.

Rapat kerja tersebut dihadiri Sekdaprov Edwin Silangen, Asisten I Setdaprov Gemmy Kawatu dan para pejabat eselon II. Untuk para pejabat eselon III dan IV mengikuti secara virtual dari kantor, dan sebagiannya dari rumah. Itu karena masih diberlakukan work from home (WFH) sekaligus penerapan protokol Covid-19.

Kesempatan itu, Agus Fatoni menyampaikan penyerapan anggaran yang efektif dan maksimal harus menjadi perhatian perangkat dareah. Terkait hal ini, ia meminta agar setiap pekan berjalan perlu dilakukan rapat evaluasi pelaksanaan anggaran, karena mengingat tahun anggaran tinggal dua bulan akan berakhir.

“Saya anjurkan agar setiap minggu harus ada rapat evaluasi pelaksanaan anggaran di perangkat daerah masing-masing. Supaya kita tahu perkembangan. Setelah kita tahu, minggu depan apa yang akan kita lakukan, sehingga semua itu terencana dengan baik,” tukasnya.

Agus Fatoni juga menyampaikan hal paling penting yaitu penanganan Covid-19 dan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020. Kata Agus, untuk pelaksanaan Pilkada Serentak maka perlu pemerintah provinsi, kabupaten/kota ikut mensupport agar terlaksana dengan lancar, damai, sukses dan aman dari Covid-19.

“Demikian halnya dengan upaya penanganan Covid-19, sangat penting untuk dilakukan. Ini penting juga, karena memang kondisi saat ini, kita harus menangani Covid-19,” ujarnya.

Ia pun membeberkan pentingnya melaksanakan 3T, yaitu test, tracking, dan treatment, serta melaksanakan 4M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan.

“Mari kita tetap prioritaskan penerapan Covid-19 supaya semuanya aman dan berjalan lancar. Baik itu program pemerintah, pelaksanaan pilkada dan penanganan Covid-19 sendiri,” tandasnya. (rivco tololiu)