Pjs Gubernur Agus Fatoni Apresiasi Dukungan BI dalam Pemulihan Ekonomi Daerah

oleh -
Pjs Gubernur Sulut Agus Fatoni saat berbincang dengan Kepala Perwakilan BI Sulut, Arbonas Hutabarat di ruang kerjannya. (istimewa)

MANADO – Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Agus Fatoni menerima audiensi dari Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulut, Arbonas Hutabarat yang berlangsung di ruang kerjanya, Selasa (6/10/2020).

Dalam pertemuan yang berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 ini, Pjs Gubernur Fatoni mengapresiasi peranan BI dalam memajukan perekonomian di Bumi Nyiur Melambai.

Menurutnya, pencapaian positif ini tak terlepas dari sinergitas pemerintah daerah dan BI dalam mengoptimalkan pembangunan daerah di tengah pandemi Covid-19 termasuk lewat TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah) Provinsi Sulut.

Dirinya juga berpesan agar berbagai kebijakan yang dibahas di pusat dapat diterapkan BI di Sulut.

“Kalau di pusat serius, tapi di daerah tidak serius ini percuma,” ujarnya.

Disamping itu, Fatoni juga memberikan apresiasi terhadap dukungan BI dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebagai aksi pemerintah untuk melindungi masyarakat miskin dan mendukung dunia usaha (kecil, menengah, korporasi), BUMN dan perbankan untuk bertahan dan bangkit dari tekanan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Ia pun meminta BI terus mensosialisasikan program PEN kepada masyarakat Sulut.

“Kami ingin penyaluran dana PEN harus disosialisasikan agar masyarakat tahu,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BI Sulut, Arbonas Hutabarat memberi apresiasi berbagai program yang dijalankan Pemprov Sulut dalam upaya peningkatan perekonomian daerah.

“Program-program yang dijalankan sangat baik. Apalagi kondisi pandemi Covid-19 saat ini, berbagai upaya terus dilakukan Pemprov Sulut untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan daerah,” tuturnya.

Ia berharap, sinergi dan koordinasi baik Pemprov Sulut dan Perwakilan BI Sulut, serta stakeholder yang ada dapat terus dimaksimalkan.

“Upaya kita dalam menekan inflasi sudah sangat baik. Kiranya kerja sama ini dapat terus terjaga guna memantapkan capaian perekonomian di Provinsi Sulut,” tukasnya.

Adapun audiensi turut dihadiri Sekdaprov Sulut Edwin Silangen dan Asisten III Bidang Administrasi Umum Gammy Kawatu. (rivco tololiu)