Cuaca Buruk, BPBD Sulut Imbau Warga Waspada Banjir dan Longsor

oleh -
Tampak, air menutup jalan di kawasan SPBU Tikala, Kota Manado akibat hujan deras Sabtu (17/10) malam. (istimewa)

MANADO – Hampir semua wilayah di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) diguyur hujan deras selang beberapa hari terakhir.

Curah hujan tinggi dipastikan masih akan terjadi kedepan sesuai prediksi dari BMKG. Untuk itu, warga diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan untuk ancaman banjir dan tanah longsor.

“Daerah kita rawan banjir dan longsor jika hujan deras berlangsung lama. Makanya ini juga harus jadi perhatian bersama untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulut, Joy Oroh, Minggu (18/10/2020).

Ia menyebut, cuaca buruk saat ini baik hujan yang disertai angin sangat berpotensi menimbulkan bencana.

“Kita harus waspada baik soal banjir, longsor dan pohon tumbang. Teman-teman BPBD di kabupaten/kota harus standby, terutama memonitor situasi di wilayah rawan bencana baik di bantaran sungai, perbukitan dan pesisir pantai,” sebutnya.

Sejauh ini, kata Oroh, pihaknya masih menunggu laporan data atau kejadian dari BPBD kabupaten/kota terkait adanya bencana di wilayahnya.

“Kita masih tunggu dan ikut memonitor kondisi di lapangan. Kita berharap jika ada kejadian dapat cepat dilaporkan BPBD kabupaten/kota untuk dilakukan tindakan bersama,” ujar Oroh. (rivco tololiu)