Gandeng Domus Politica Indonesia, DPRD Sangihe Perkuat Pemahaman Terkait SIPD

oleh -
Pembukaan bimtek DPRD Sangihe bekerja sama dengan Domus Politica Indonesia di Swiss-Belhotel Maleosan Manado, Rabu (21/10/2020). (sindomanado.com/fernando rumetor)

MANADO — Para pimpinan, anggota, serta sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sangihe melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) mulai 21-24 Oktober 2020 di Swiss-Belhotel Maleosan Manado.

Bimtek ini mengambil tema e-pokir, e-perda dan e-government serta persiapan penyusunan APBD 2021.

Ketua DPRD Sangihe, Josephus Kakondo berharap bimtek kerja sama dengan Domus Politica Indonesia dapat memberi pengetahuan kepada para pimpinan, anggota hingga sekretariat DPRD akan bermacam-macam transisi regulasi yang ada di daerah maupun di Indonesia.

“Kita berharap, bimtek ini memberi kontribusi yang bermanfaat bagi pemahaman anggota dewan dalam konteks penyelenggaraan pembangunan sebagai salah satu unsur penyelenggara pemerintahan daerah. Mulai dari proses perencanaan sampai evaluasi,” ujar Kakondo.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Domus Politica Indonesia, Janny Kopalit mengungkapkan, bimtek kali ini lebih ditekankan kepada persiapan penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021 serta penyusunan peraturan daerah (Perda).

“Yang APBD itu ada sistem baru yakni sistem informasi pemerintahan daerah (SIPD). Di situ, termasuk e-pokir (Elektronik-pokok pikiran) yang harus diketahui oleh DPRD. Ini harus diketahui karena aspirasi-aspirasi yang mereka terima dari reses dan lain-lain, jika sudah menggunakan SIPD, harus dimasukan ke e-pokir,” jelasnya.

Turut menjadi pemateri dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulut, Jenny Karouw. (fernando rumetor/get)