Tumbuhan Beraroma Menyengat Diduga Bunga Bangkai Ditemukan di Perkebunan Kelurahan Taas

oleh -
Bunga beraroma menyengat yang ditemukan di perkebunan salah satu warga di Kelurahan Taas, Manado. (sindomanado.com/maria mangowal)

MANADO — Bungai Bangkai merupakan salah satu bunga nasional Indonesia yang banyak di temukan di Pulau Sumatera. Semua spesies bunga ini di temukan di daerah Asia Tenggara.

Selain Indonesia, bunga ini juga menjadi bunga nasional dari provinsi Surat Thani, Thailand. Uniknya, tumbuhan langka ini ditemukan berkembang biak di perkebunan warga di Kelurahan Taas. Tumbuhan ini ditemukan warga setempat, Selasa (20/10/2020) pagi, saat hendak membersihkan kebunnya. “Saya pikir itu bangkai hewan mati ternyata setelah melihat dari dekat ternyata itu tumuhan jenis bunga,” ungkap Yunius Entjaurau warga Taas.

Menurut dia, ini bukan pertama kalinya beliau melihat bunga tersebut. Karena Bunga Bangkai ini biasanya banyak di perkebunan Taas tetapi karena warga mengetahui bunga itu berbau jadi menebangnya saat ingin berkebun.

Ia menjelaskan, biasanya bunga ini tercium aromanya pada pagi dan sore hari dengan radius sekira 100 meter. Tetapi warga sekitar sudah familiar dengan bau tersebut.

“Awalnya, saya kira septic tank tetangga yang bocor. Karena aromanya sangat tecium sampai di rumah saya,” tambah Elisabeth Kaligis warga yang tinggal dekat kebun itu. (maria mangowal/mg/get)