Bantu Percepatan Penanganan Covid-19 di Kota Manado, LPPM dan FKM Unsrat Bagi-Bagi Masker untuk Ojek Online

oleh
Ketua PKM LPPM Unsrat, dr Chreisye K.F Mandagi.

MANADO — Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang difasilitasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian masyarakat (LPPM) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) bekerja sama dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) membagi-bagikan masker gratis kepada pengemudi ojek online (ojol) di Kota Manado.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membantu pengemudi ojol terhindar dari rantai penularan covid-19 ketika sedang melakukan pekerjaan ataupun berada di luar rumah,” ujar Ketua Tim PKM dr Chreisye K.F Mandagi.

Hal ini, kata dia, dilakukan karena mata pencaharian yang ditekuni pengemudi ojek online ini termasuk sangat beresiko dalam penularan virus corona. Selain membagikan masker, PKM juga mengedukasi dan menyosialisasikan bagaimana cara menggunakan masker yang baik dan benar. “Sehingga tidak tertular ataupun menularkan  penyakit covid-19 ini kepada orang lain,” terangnya.

Selain melakukan pemberian masker, diingatkan juga kepada para ojek online untuk tetap menjalankan protokol kesehatan selama melakukan pekerjaan, mengingat Manado merupakan salah satu kota dengan peningkatan jumlah kasus yang sangat cepat.

Data kasus Covid-19 Manado berdasarkan website corona.sulutprov.go.id per 30 Oktober  2020 adalah sebesar 2.340 kasus terkonfirmasi, meninggal 102 orang, dirawat 257 orang dan yang sembuh 1.981 orang. Saat ini Manado berada pada zona orange atau disebut sebagai kategori resiko sedang. (fernando rumetor/get)