Ranperda APBD Manado 2021 Disetujui, Wali Kota Apresiasi Kinerja DPRD dan TAPD

oleh -
Foto bersama Wali Kota GS Vicky Lumentut didampingi Sekretaris Kota Micler Lakat dengan Pimpinan DPRD dan Sekwan. 

MANADO — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado menyetujui dan menetapkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Kota Manado Tahun Anggaran 2021 menjadi Peraturan Daerah (Perda), Senin (30/11/2020).

Dalam kesempatan itu, Wali Kota GS Vicky Lumentut menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya pimpinan dan anggota DPRD yang telah membahas dan menyetujui ranperda tentang APBD Kota Manado tahun anggaran 2021.

“Saya menyadari selama pembahasan ranperda telah dijalani dengan penuh dinamika, mencurahkan waktu, pikiran dan perhatian yang sangat serius dari semua pihak terkait,” ujar Lumentut.

“Puji Tuhan, semua upaya tersebut telah dapat dirumuskan dalam satu komitmen bersama bahwa APBD Kota Manado tahun anggaran 2021 menjadi produk hukum yang aspiratif, responsif, akseleratif dan produktif dalam mendatangkan manfaat bagi masyarakat dan pembangunan di Manado,” sambung wali kota dua periode itu.

Lanjut dia, dengan adanya persetujuan DPRD itu artinya Pemkot Manado telah memiliki produk hukum yang akan menjadi pedoman bagi pelaksanaan pembangunan daerah tahun 2021.

“Persetujuan ini menunjukkan adanya komitmen serta kesungguhan pimpinan dan segenap anggota DPRD untuk benar-benar mengawal dan memastikan bahwa setiap produk hukum yang ditetapkan harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan pembangunan daerah,” jelasnya.

“Sekali lagi terima kasih kepada pihak legislatif serta Sekretaris Daerah Kota Manado yang juga selaku ketua TAPD atas kerja selama pembahasan ranperda, mencurahkan waktu, pikiran, tenaga dan perhatian yang serius dan semua pihak terkait sehingga ranperda ini dapat disetujui dan ditetapkan untuk menjadi perda dalam paripurna DPRD,” tandas Lumentut.

Diketahui, dalam paripurna tersebut, wali kota membacakan pengantar nota keuangan Ranperda APBD 2021. Ia membeber, total pendapatan daerah Manado 2021 ditargetkan sebesar Rp1.487.085.444.680,00. Sedangkan Pendapatan Asli Daerah ditargetkan sebesar sebesar Rp440.191.214.000,00.

Rapat paripurna dengan agenda penyampaian laporan badan anggaran DPRD Manado atas hasil pembahasannya terhadap Ranperda tentang RAPBD Pemkot Manado tahun anggaran 2021, keputusan DPRD Kota Manado tentang persetujuan DPRD terhadap Ranperda RAPBD Pemkot Manado tahun anggaran 2021 untuk ditempatkan menjadi Perda, dipimpin Ketua DPRD, Aaltje Dondokambey dan Wakil Ketua DPRD Adrey Laikun. (kimgerry)