Monitoring dan Evaluasi MCP KPK, Wali Kota GSVL Minta OPD Siapkan Data Lengkap

oleh -
Wali Kota GS Vicky Lumentut didampingi Sekkot Micler Lakat memimpin monitoring dan evaluasi MCP KPK bersama jajaran Pemkot Manado, Senin (21/12/2020).

MANADO — Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) didampingi Sekretaris Kota Micler Lakat memimpin monitoring dan evaluasi Monitoring Control for Prevention (MCP) Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI), di MM Juice, Kawasan Mega Mas, Senin (21/12/2020).

Sekadar referensi, melalui MCP KPK diharapkan dapat memperbaiki tata kelola pemerintahan daerah dalam rangka pencegahan korupsi. Untuk itu, ada beberapa area yang menjadi penilaian KPK. Yaitu perencanaan dan penganggaran APBD, optimalisasi pajak daerah, manajemen ASN, manajemen aset daerah, pengadaan barang dan jasa, pelayanan terpadu satu pintu, Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP).

Wali kota berharap, organisasi perangkat daerah yang menjadi area penilaian, dapat mempersiapkan dan melengkapi data yang diperlukan. Untuk itu, diminta terus melaporkan tingkat kemajuan yang sudah dilaksanakan. “Target MCP pada 2020 ini, harus lebih baik dari tahun sebelumnya” tegas Lumentut.

Sekretaris Kota Micler Lakat menambahkan, kehadiran MCP memudahkan pemerintah daerah menyampaikan laporan kepada KPK RI. “Dengan aplikasi ini, pemerintah daerah melaksanakan self assessment dan bisa melaporkan hal-hal secara obyektif. Serta merupakan upaya mengurangi dan mencegah terjadi tindak pidana korupsi di pemerintah daerah,” tandas Micler.

Tampak hadir, Inspektur Kota Manado Atto Bulo serta para pejabat eselon II di lingkup Pemkot Manado. (kimgerry)