Sambangi Tomohon, Kapolda Ingatkan Malam Pergantian Tahun di Rumah Saja

oleh -
Kapolda Sulut saat mengunjungi Kota Tomohon. (FOTO: Istimewa)

TOMOHON- Kapolda Sulut Irjen Pol RZ Panca Putra ‘bersafari’ ke polres-polres yang berada di wilayahnya. Mengakiri tahun 2020, jendral bintang dua ini menyambangi sejumlah Kabupaten/Kota di tanah Nyiur Melambai, diantaranya Kota Tomohon. Dalam kunjungan tersebut, Kapolda Panca didampingi oleh Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Wirana Prasetya Budi, Danlantamal VIII Brigjen TNI (Mar) Donar Philip Rompas, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong bersama dengan jajaran, meninjau Pos Terpadu Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 yang berada di kompleks Menara Alfa Omega di Pusat Kota Tomohon, Rabu (30/12/2020) malam tadi.

Kapolda Panca memberikan arahan tegas TNI-Polri beserta tim satgas di Pos Terpadu Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, juga Kapolda Panca bersama rombongan menyapa dan memberikan sosialisasi kepada Penjual dan masyarakat yang berada di pusat kota itu.“Kita harapkan sekali lagi imbauan kami masyarakat untuk tetap berada di dalam rumah selama malam pergantian tahun, kita jaga diri kita masing-masing, jaga lingkungan dan jaga keluarga supaya kita bisa masuki malam tahun baru dalam keadaan sehat. Mudah-mudahan masyarakat bisa memahami dan mengerti dan mensukseskan itu semua,” ujar Kapolda Panca.

Pada kesempatan itu, Kapolda Panca mengajak kepada semua pihak untuk dapat melewati malam pergantian tahun dengan kesederhanaan, tidak menggelar pesta, tidak melakukan arak-arakan atau konvoi, tidak menyalakan petasan yang dapat mengganggu warga serta tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Jika didapati ada yang melanggar, kita akan memberikan peringatan. Jika tindakan peringatan tidak ditaati, aturan hukum itu ada bagaimana kita menghadapi masyarakat yang tidak menaati apa yang kita imbau kepada masyarakat,” tegasnya.

Selain itu juga, dirinya mengapresiasi seluruh Satgas yang ada di lapangan, baik itu Jajaran Polres dan Koramil 1302-06/Tomohon, Pemerintah Kota didalamnya Petugas Kesehatan, Sat Pol-PP dan Dishub, serta instansi terkait lainnya, bahkan para Relawan Covid-19, agar tetap bersemangat dalam bertugas.

“Perjuangan kita belum selesai, kita masih dibutuhkan tenaga dan kesehatan untuk menjaga masyarakat. Harus kita patuhi bersama untuk mencegah terjadinya penyebaran covid-19 karena Keselamatan Masyarakat adalah paling utama. Mudah-mudahan dukungan dan kerja sama yang saat ini kita berikan boleh bermanfaat, sehingga dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif dan lebih baik lagi kedepan,” ujar Kapolda Panca , didampingi Kapolres Tomohon AKBP Bambang Ashari Gatot dan Danrami 1302-06/Tomohon Kapten Inf Sulistyo.

Seperti yang diketahui, sesuai arahan Kapolri sudah mengeluarkan dua Maklumat terkait kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu Maklumat Nomor 3/IX/2020 saat menghadapi Pilkada Serentak dan Maklumat Nomor 4/XII/2020 saat menghadapi libur Natal dan Tahun Baru. Serta Surat Edaran Gubernur Sulawesi Utara dan Walikota Tomohon tentang pelaksanaan Natal dan pergantian tahun di masa pandemi Covid-19. (Wailan Montong)