Cegah Cluster Baru, Pemkab Bolsel Tutup Semua Lokasi Wisata 

oleh -
Kebijakan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, kembali harus dirasakan industri pariwisata di Bolsel. Dimana pada libur cuti tahun baru, keberadaan tempat wisata terpaksa ditutup untuk sementara waktu. (FOTO: Istimewa)
BOLSEL – Mengantisipasi munculnya cluster baru penyebaran Covid-19, saat momen libur cuti bersama perigatan tahun baru 2021, maka Pemerintah Kabupaten Bolsel melakukan serangkaian antisipasi. Salah satunya dengan menutup sementara semua lokasi wisata yang ada di tanah totabuan bagian selatan tersebut.
Menurut Kepala Dinas Periwisata dan Kebudayaan (Diparbud) Bolsel, Wahyudin Kadullah hal tersebut diperkuat juga dengan adanya surat edaran oleh Bupati tertanggal 29 Desember 2020 lalu, tentang pengendalian kegiatan masyarakat untuk pencegahan penyebaran Covid-19 selama libur tahun baru 2021.
“Pengelola objek wisata diminta untuk menutup sementara lokasi wisata, dan memasang pengumuman penutupan di depan pintu masuk terhitung tanggal 1 januari sampai batas waktu yang belum ditentukan,” ujar Wahyudin. Itu artinya, lanjut Wahyudin mengatakan, sampai dengan belum adanya instruksi atau surat edaran tentang pengendalian kegiatan masyarakat tersebut dicabut atau dirubah, maka selama itu lokasi wisata yang ada di Bolsel belum dibolehkan beroperasi.
“Jadi kami harap pengelola lokasi wisata bisa taat dengan edaran ini,” tegasnya. Jika pun dalam implementasinya, ada pihak pengelola lokasi wisata yang tidak taat, maka pihaknya tidak segan-segan memberikan sanksi tegas. “Sanksi berat akan diberikan jika ada pengelola wisata yang kumabal. Karena kami akan bekerjasama dengan pihak keamanan untuk menegakkan aturan ini,” tegasnya. (Irfani Alhabsyi)