Mensos Risma Masuk Keluar Gang Sempit, Tinjau Lokasi Bencana dan Salurkan Bantuan untuk Warga Manado

oleh -
Mensos Risma memberikan santunan kepada warga terdampak bencana di Manado, disaksikan Wakil Gubernur Steven Kandouw, Wali Kota GS Vicky Lumentut dan Sekretaris Kota Micler Lakat.

MANADO — Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini mengunjungi sejumlah lokasi terdampak bencana banjir dan longsor di Kota Manado, Rabu (20/1/2021).

Saat menyambangi Kelurahan Ternate Tanjung dan Malalayang Satu Barat, Risma, sapaan akrab Menteri Sosial, didampingi Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw, Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut serta Sekretaris Kota Micler Lakat.

Wakil Gubernur Steven Kandouw, Wali Kota Vicky Lumentut dan Sekretaris Kota Micler Lakat mendengarkan instruksi Mensos Risma terkait percepatan penanganan bencana.

Kedatangan Mensos Risma sekaligus menyalurkan bantuan kepada korban bencana, sekaligus menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo bahwa penanganan terhadap korban bencana alam mesti lebih cepat.

“Pemerintah daerah serta Taruna Siaga Bencana (Tagana) diminta memastikan setiap pengungsi mendapatkan makanan yang cukup. Warga yang rumahnya mengalami kerusakan diharapkan bersabar. Mengenai kerusakan berat akan ditangani lebih lanjut dan detil lagi dengan pemerintah setempat,” kata Risma.

Sekkot Micler Lakat mendampingi Mensos Risma menyusuri gang untuk meninjau lokasi terdampak banjir.

Wali Kota GS Vicky Lumentut berterima kasih dan mengapresiasi kehadiran Mensos Risma yang meninjau langsung kondisi Manado pascadilanda bencana. Lumentut pun mengusulkan ke Mensos untuk teruskan ke bapak Presiden dan Menteri PUPR, untuk pengadaan pintu air dan pompa air di muara sungai sebagai upaya mencegah air laut masuk ke sungai pada saat air pasang yang dapat mengakibatkan banjir Rob. “Kemudian kami mengusulkan pembangunan rumah susun untuk pindahkan warga yang tinggal di daerah rawan bencana,” tukas Lumentut.

Sekretaris Kota Micler Lakat menambahkan, kehadiran Mensos Risma memberi semangat baru kepada korban bencana. “Ini menjadi bukti perhatian besar dari pemerintah pusat untuk warga Manado,” tandas Micler. (kimgerry)