Pemprov Sulut Kerahkan Alat Berat Bersihkan Material Longsor di Jalan Ring Road

oleh -

MANADO – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menurunkan alat berat untuk membersihkan ruas jalan longsor di Kota Manado.

Terpantau, alat berat dengan sejumlah dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sulut, sedang membuka akses jalan di Ring Road yang sebelumnya ditutup material tanah dan bebatuan.

“Kami turunkan sejumlah alat berat agar jalur yang ditutup longsor seperti di salah satu jalur jalan Ring Road ini, sudah bisa dilintasi kendaraan. Ini perintah langsung pak Gubernur Olly Dondokambey,” kata Kepala Dinas PUPR Sulut, Adolf Tamengkel, Sabtu (23/1/2021).

Ia berharap, masyarakat atau pemerintah daerah kabupaten/kota yang membutuhkan alat berat untuk menangani longsor agar cepat menghubungi pihaknya.

“Sekarang ini kita turunkan dua unit loader, satu excavator dan empat dump truck,” ujarnya.

Banyak ruas jalan di Kota Manado termasuk permukiman masyarakat terendam banjir, bahkan dilanda tanah longsor karena guyuran hujan deras Jumat (22/1).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulut, Joi Oroh menyebut, sesuai prediksi BMKG guyuran hujan masih akan terus berlangsung ke depan di wilayah Bumi Nyiur Melambai.

“Ini harus jadi perhatian bersama untuk tetap waspada. Saat ini kita terus koordinasi dalam upaya penanganan pascabencana,” sebut Oroh. (rivco tololiu)