Konsultasi Publik RKPD, Pontonuwu: 2022 Kita Jadiakan Tomohon Kuat dan Hebat

oleh -
Wali Kota Tomohon saat membuka kegiatan konsultasi publik RKPD didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan dan Kaban Bapelitbangda. (FOTO: Istimewa)

TOMOHON- Guna menyempurnakan rancangam awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Tomohon, diadakan konsultasi publik. Kegiatan yang difasilitasi Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) Tomohon, digelar Kamis (4/2/2021) bertempat di Anugerah Hall.

Sesuai yang disampaikan Kaban Bapelitbangda Tomohon Daniel Pontonuwu, nantinya kegiatan ini akan disesuaikan dengan visi misi dan program pemimpin yang baru nanti. “Dengan terpilihnya kepala daerah yang baru maka tentunya telah menetapkan visi dan misi yang sudah tertuang dalam rancangan awal  RPJMD periode 2021-2026. Mari kita jadikan Tomohon kuat dan hebat,” ajak Pontonuwu.

Dalam kegiatan tersebut, dibuka langsung oleh Wali Kota Tomohon Jimmy Eman. Dalam sambutannya, Wali Kota Tomohon dua periode ini mengatakan maksud penyelenggaraan konsultasi publik ini merupakan momen yang sangat strategis untuk mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan rencana pelaksanaan pembangunan yang mampu menjawab isu-isu strategis serta untuk mendapatkan masukan dan saran guna penyempurnaan rancangan awal RKPD Kota Tomohon tahun 2022.

“Dimana rancangan awal RKPD ini akan menjadi pedoman dalam pelaksanaan Musrenbang RKPD tingkat Kecamatan dan sebagai acuan penyempurnaan rancangan awal rencana kerja  perangkat daerah,” jelas Eman.

Dia menambahkan, ini sebagai dokumen resmi pemerintah daerah, RKPD mempunyai kedudukan yang strategis yaitu menjembatani perencanaan strategis jangka menengah dengan perencanaan dan penganggaran tahunan.

“Oleh sebab itu proses penyusunan RKPD Kota Tomohon tahun 2022 dilakukan secara sistematis, terarah, terpadu dan tanggap terhadap perubahan dalam penyusunannya. Sehingga pada periode terakhir RPJPD Kota Tomohon tahun 2005-2025 ini, saya harapkan agar seluruh wilayah Kota Tomohon dapat berkembang menjadi lebih baik lagi. Karena RPJPD dilaksanakan dalam empat tahapan RPJMD dimana masing-masing tahapan telah memuat pula rumusan indikatif arahan prioritas kebijakan,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, hadir sebagai narasumber Sekretaris Bapeda Provinsi Sulawesi Utara Aldrin Anis, Akademis Noldy Tuerah, para Asisten di jajaran pemerintah Kota Tomohon, tokoh-tokoh masyarakat, tokoh Agama serta undangan. Hadir secara daring Wali kota dan Wakil Wali kota Tomohon terpilih. (Wailan Montong)