KPU Manado Tetapkan AARS sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado Terpilih

oleh -
Tampak penyerahan berita acara Penetapan Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Manado terpilih oleh Ketua KPU Manado Jusuf Wowor kepada pasangan terpilih AARS. (Foto: Istimewa)

MANADO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado telah resmi menetapkan pasangan Andrei Angouw – Richard Sualang (AARS) sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado terpilih pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020.

Hal itu dilakukan lewat Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado 2020 pada Jumat (19/2/2021) di Ballroom Grand Kawanua Convention Center (GKCC).

“Rapat Pleno ini dapat terlaksana setelah KPU Kota Manado menerima surat salinan Mahkamah Konstitusi nomor 70.114/Pan.MK/PSPK/02/2021 tanggal 17 Februari 2021 hal penyampaian salinan, berita acara penyampaian salinan putusan, Surat Dinas KPU No 152/PY.02.1-ST/03/KPU/II/2021 tentang putusan pasangan calon terpilih pasca putusan dissmisal,” ujar Ketua KPU Manado, Jusuf Wowor.

“Memutuskan, menetapkan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih pada pemilihan tahun 2020 adalah pasangan calon nomor urut satu atas nama Andrei Angouw dan Richard Sualang dengan perolehan suara terbanyak 88.303 sebagai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado terpilih,” jelas Komisioner KPU Manado, Sahrul Setiawan.

Dalam pleno yang digelar juga lewat live streaming di akun media sosial KPU Manado itu, turut dihadiri secara langsung oleh Bawaslu Kota Manado, Wali Kota GS Vicky Lumentut, unsur TNI dan Polri, DPRD Kota Manado, perwakilan paslon, serta partai politik.

Adapun setelah ditetapkan oleh KPU Manado ini, penetapan AARS akan melewati juga rapat paripurna di DPRD Kota Manado, serta proses administrasi hingga ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), sebelum akhirnya dilantik pada 9 Mei 2021 nanti. (Fernando Rumetor)