Kecamatan Tomini Bolsel Siapkan Dua Desa Tanggap Covid-19

oleh -
Camat Tomini, Abidin Patilima. (FOTO: Istimewa)

BOLSEL – Dua dari delapan Desa yang ada di Kecamatan Tomini, disiapkan untuk jadi Desa Tanggap Covid-19. Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Camat Tomini, Abidin Patilima saat bersuah belum lama ini.

Menurut dia, kedua desa tersebut yakni, Desa Pakuku Jaya dan Desa Tolutu. Dimana tujuan dari Desa tanggap Covid ini untuk memutus rantai penyebaran Covid di Desa itu, utamanya di Kecamatan Tomini dan Bolsel pada umumnya, serta menindaklanjuti surat edaran Kemendes PDTT nomor 11 tahun 2020 tentang berubahan atas surat edaran Kemendes PDTT tentang Desa tanggap Covid dan penegasan padat karya tunai. “Surat edaran tersebut menegaskan soal padat karya tunai desa memiliki maksud untuk memberi acuan kepasa desa untuk tanggap Covid-19, dan pqdat karya tunai desa dengan mengunakan dana desa,” kata Abidin.

Lanjut Abidin mengatakan lagi, untuk dua Desa tanggap Covid di Kecamatannya pun kini telah mengalikasikan anggaran sebesar 8 % dari Total Dandes tahun 2021 ini. ” Anggaran jelas di tata di APBDes lewat Pembiayaan Dandes masing-masing 8 %,”ungkapnya.

Dikatakannya lagi, dari dana 8% tersebut, pemerintah desa tanggap Covid ini harus menyiapkan rumah singga, masker, vitamin serta disinfektan, serta fasilitas lain dalam mencegah penyebaran Covid. “Ada juga untuk penyiapan relawan petugas Covid di Desa,” terangnya.

Pihaknya berharap, dengan dibentuknya dua desa tanggap Covid di Kecamatan Tomini ini akan memberi dampak positif pada penanganan dalam memutus rantai penyebaran virus asal China ini. “Serta kedepannya bisa menjadi contoh bagi desa-desa lainnya. Baik itu di Kecamatan Tomini dan Kecamatan lainnya di Bolsel.” Pungkasnya. (Irfani Alhabsyi)