DAW Edukasikan Safety Riding ke Karyawan Koran Sindo Manado

oleh -
PT Daya Adicipta Wisesa (DAW) sebagai Main Dealer sepeda motor Honda di Sulut lakukan edukasi Safety Riding kepada karyawan Koran Sindo Manado secara virtual. (Foto: Fernando Rumetor)

MANADO – Guna meningkatkan pengetahuan akan keselamatan berkendara di jalan raya, PT Daya Adicipta Wisesa (DAW) sebagai Main Dealer sepeda motor Honda di Sulawesi Utara (Sulut) melaksanakan edukasi Safety Riding ke banyak tempat.

Kali ini, DAW melakukan edukasi bersama karyawan dan karyawati Koran Sindo Manado. Karena masih dalam masa pandemi Covid-19, edukasi Safety Riding dilakukan secara virtual melalui sambungan zoom meeting.

“Filosofi Honda yang ada dua yakni Respect for Life dan 3 Joy. Dimana Honda tak hanya sekadar menjual sepeda motor, tetapi juga mementingkan keamanan dan keselamatan berkendara dari para konsumen,” ujar PIC Safety Riding DAW, Devis Wondal.

Dalam edukasi yang dilaksanakan pada Rabu (24/2/2021) itu, Devis menyebutkan bahwa memang beragam sepeda motor, salah satunya ialah Honda telah mengimplementasikan fitur keselamatan pada tiap sepeda motor yang ada lewat berbagai fitur keselamatan.

Akan tetapi, faktor manusia yang mengendarai sepeda motor merupakan faktor paling penting dalam menciptakan keselamatan berkendara. “Faktor manusia meliputi lima hal yakni Pengetahuan, Kesehatan, Emosi, Etika dan Teknik dalam berkendara,” sebutnya.

Selain Faktor Manusia, faktor yang juga bisa mengakibatkan keselamatan berkendara berkurang dan membuat orang celaka adalah Faktor Kendaraan yang berkaitan dengan modifikasi, perawatan, dan part atau bagian-bagian motor yang digunakan tidak sesuai peruntukannya.

“Ada modifikasi-modifikasi seperti stang motor yang tidak tepat, kemudian tidak adanya perawatan dari motor, ibaratnya ‘Hanya tau pakai tapi tak tau merawat’, serta terkait part-part seperti penggunaan bola kecil pada motor besar ketika di jalan raya yang dapat membahayakan pengendara,” pungkasnya.

Selanjutnya ada Faktor Lingkungan yang juga dapat mempengaruhi keselamatan berkendara. “Seperti jalan berlubang, adanya kendaraan yang melawan arah, hingga banjir,” tukas Devis seraya menyebut dari data pemerintah diketahui 61% faktor penyebab kecelakaan adalah Faktor Manusia.

“Oleh sebab itu Honda terus mengadakan berbagai edukasi Safety Riding serta mengkampanyekan #Cari_Aman. Penggunaan Helm dan Jaket saat berkendara merupakan salah satu bagian dari kampanye #Cari_Aman yang terus digalakkan,” ungkapnya.

Helm dan Jaket tak hanya memberikan keamanan saat berkendara di jalan raya, namun juga dapat memberikan style kepada pengendara. “Helm melindungi kepala dan mengurangi dampak benturan,” paparnya.

“Dan jaket serta perlengkapan lain seperti sarung tangan, celana, hingga sepatu mencegah tubuh kontak langsung dengan jalan serta mengurangi efek benturan. Jadi, berkendara aman bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga Cinta seperti pasangan, keluarga, maupun orang tua,” tambah Devis.

DAW pun, kata Devis, terus melaksanakan kampanye #Cari_Aman dan keselamatan berkendara kepada seluruh elemen masyarakat, mulai dari anak-anak TK hingga pihak-pihak swasta seperti yang dilakukan bersama Koran Sindo Manado. (Fernando Rumetor)