Camat Tondano Barat Sesalkan Masyarakat Masih Buang Sampah Sembarang

oleh -142 Dilihat
Sampah di Area Pekuburan Tondano (Foto : Istimewa)

TONDANO – Camat Tondano Barat Robert Ratulangi menyesalkan perilaku oknum – oknum yang masih suka membuang sampah sembarang di bahu jalan area Pekuburan Tondano. “Kami terus menerus memberi penyampaian kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarang di area pekuburan, tapi melihat keluhan masyarakat yang masuk sangat disayangkan bahwa masih ada oknum – oknum tertentu yang belum sadar tentang menjaga kebersihan lingkungan”, ucap Ratulangi.

Menurutnya pemerintah sudah melakukan berbagai upaya agar kebersihan di Kabupaten Minahasa tetap terjaga khususnya kebersihan lingkungan di wilayah Tondano Barat. “Kami pihak pemerintah sudah menangani laporan terkait tumpukan sampah di area Pekuburan Tondano dan para petugas kebersihan dengan tanggap langsung membersihkan area pekuburan”, tambah Ratulangi.

Lanjutnya terjaganya kebersihan lingkungan membutuhkan peran dari semua pihak terlebih khusus peran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Terpisah, Anggota DPRD Kabupaten Minahasa Pierre J S Makisanti berharap agar masyarakat sadar akan kebersihan lingkungan karena yang akan merasakan dampak buruk dari membuang sampah sembarangan adalah masyarakat sendiri.

Lanjutnya, rendahnya kesadaran masyarakat perlu diperhatikan oleh pemerintah. “Pemerintah perlu melakukan edukasi sosialisasi masyarakat tentang pentingnya kebersihan lingkungan, dan perlu mengadakan regulasi berkaitan dengan sanksi bagi masyarakat yang tidak patuh dengan aturan yang ada sehingga akan menimbulkan efek jera bagi para pelaku”, ucap Makisanti. (Annastasia)