Pemkab Bolsel Prioritaskan Penanganan Stunting 

oleh -
Tahun ini, masalah stunting jadi program prioritas Pemkab Bolsel. Hal itu disampaikan langsung Bupati saat kurker di Kecamatan Pinolosian Timur. Tampak Bupati saat memberikan penyampaiannya. (FOTO: Istimewa)
BOLSEL – Penanganan masalah stunting (Masalah gizi kronis) menjadi prioritas utama Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) untuk segera dituntaskan.
Hal ini pun sebagaimana yang disampaikan Bupati Bolsel Iskandar Kamaru saat menggelar kunjungan kerja (Kurker) di wilayah Kecamatan Pinolosian Timur (Pintim), Jumat (5/3/2021).
Menurut dia, sejak masalah stunting ini ada, Pemkab Bolsel telah berkomitmen untuk menurunkan angka penderitanya di daerah lewat, sentuhan program-program yang ada. “Sejak periode sebelumnya, masalah stunting ini telah menjadi fokus utama Pemerintah untuk menuntaskannya. Hal itu pun dibarengi dengan intervensi program mulai dari Pusat, Provinsi, Daerah bahkan sampai ke tingkat desa,” ujar Iskandar.
Disampaikannya lagi, dengan melihat begitu pentingnya masalah stunting ini maka, Pemkab Bolsel menargetkan untuk tahun ini di bidang kesehatan adalah prioritas penanganan masalah stunting. “Tahun ini sudah masuk target kami untuk menurunkan angka stunting di seluruh wilayah kabupaten Bolsel,” tegasnya.
Selain menyampaikan soal Stunting, orang momor satu tanah totabuan yang baru dilantik pada akhir Februari lalu mengatakan lagi bahwa, saat ini seluruh masyarakat di Kabupaten Bolsel, telah ter-cover dalam program jaminan sosial di Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS).
“Itu sebagaimana janji kami saat Kampanye Pilkada lalu, serta komitmen kami untuk memberikan jaminan perlindungan kesehatan kepada seluruh warga Bolsel tanpa terkecuali,” ungkap Kamaru.
Sementara, untuk target program kerja ke depan, lanjut Kamaru mengatakan lagi bahwa, Pemkab akan memberikan bantuan dana duka untuk para imam, pendeta dan aparat desa. “Dana duka ini adalah wujud kepedulian Pemkab atas jasa dan pengabdian para Imam, pendeta dan aparat desa, yang sudah berkontribusi untuk kemaslahanan umat dan masyarakat,” terangnya.
Di akhir penyampaiannya, Kamaru menegaskan jika, Pemkab Boksel terus berkomitmen meningkatkan pelayanan dasar kepada masyarakat di segala sektor, baik pendidikan, kesehatan, infrastruktur wilayah sampai sektor telekomunikasi. “Semua ini adalah bagian dari keinginan masyarakat yang wajib untuk kita siapkan. Dan komitmen ini, secara bertahap dan pasti akan diwujudkan oleh Pemerintah,” katanya. (Irfani Alhabsyi)