Dua Pekan, Polres Boltim Amankan 1.041 Liter Cap Tikus

oleh -
Kapolres Boltim saat menggelar konferensi pers, Senin (29/3/2021). (FOTO: Istimewa)

BOLTIM – Dalam kurun waktu dua pekan, Kepolisian Resor (Polres) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) berhasil mengamankan sebanyak 1.041 liter minuman beralkohol (Minol) jenis Cap Tikus, yang beredar tanpa izin di wilayah Boltim. Sabtu (27/3/2021) pukul 08.30 pagi, pekan lalu, Satuan Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polres Boltim kembali mengungkap peredaran Cap Tikus tanpa izin di Desa Tutuyan.

Hal ini disampaikan Kapolres AKBP Irham Halid SIK, dalam konferensi pers, Senin (29/3/2021). Dimana, anggota Reskrim mendapat informasi bahwa ada sejumlah warga dari Desa Dodap yang datang membeli minuman Cap Tikus. Sehingga, pihaknya melakukan penyelidikan. “Dalam penyelidikan anggota Reskrim, ditemukan di rumah saudara SK sebanyak empat galon besar masing-masing bersisi 25 liter Cap Tikus, kemudian 18 kantong plastik masing-masing berisi 12,5 liter. Jadi, jumlah keseluruhan yang berhasil diamankan Polres Boltim sebanyak 316 liter,” kata Irham.

Minol tersebut, lanjut Irham, akan dimusnahkan  pada saat pihaknya memulai operasi keselamatan, operasi prakondisi menjelang bulan Ramadan, dengan disaksikan masyarakat, sembari menunggu proses sidang tindak pidana ringan di pengadilan Kota Kotamobagu. “Atas perbuatannya, tersangka dikenakan peraturan Provinsi Sulawesi Utara nomor 4 tahun 2014 tentang pengadilan dan pengawasan minuman keras pasal 32 ayat 1, dengan sanksi tiga bulan penjara dan denda Rp50.000.000 juta,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Irham berharap, agar masyarakat Boltim tetap menjaga kondusifitas dalam menyongsong bulan suci Ramadan bagi umat muslim. “Mari sama-sama kita menjaga kondusifitas Kamtibmas di wilayah kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Kita ciptakan suasana yang harmonis, terlebih sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadan bulan,” harapnya.

Diketahui, pada 17 Maret pekan lalu, Polres Boltim telah mengamankan sebanyak 23 galon miras cap tikus yang berasal dari Desa Motoling, untuk diperjual belikan di wilayah Tutuyan dan Kotabunan. Dimana, masing-masing galon berisi 25 liter. Kemudian, pada Sabtu 20 Maret pukul 01.30 dini hari, Polres Boltim kembali mengamankan sebanyak enam galon berisi 25 liter Cap Tikus, di wilayah Kotabunan Selatan. (Novianti Kansil)