Wabup Sangihe Helmud Hontong Hadiri Rakornas Aspeksindo

oleh -
Wabup Sangihe Helmud Hontong Hadiri Rakornas Aspeksindo

TAHUNA – Wakil bupati Kepulauan Sangihe Helmud Hontong, mengikuti rapat kerja nasional (Rakornas) Asosiasi pemerintah daerah Kepulauan dan pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) di Jakarta selama dua hari 31 Maret sampai 1 April 2021.

Dalam kegiatan tersebut dibahas isu nasional untuk kesejahteraan masyarakat wilayah kepulauan, mengacu pada Proleknas undang-undang daerah Kepulauan untuk kesejahteraan masyarakat kepulauan dan pesisir.

“Keikutsertaan pemerintah daerah Sangihe dalam rangka memperjuangkan kepentingan masyarakat kepulauan dan pesisir sehingga melalui Rakernas ini pemerintah pusat bisa mengetahui lebih jelas persoalan di wilayah pulau-pulau di Sangihe,” ungkap Hontong kemarin.

Kesempatan itu Hontong mengatakan ada keuntungan dimana masyarakat wilayah kepulauan akan menikmati teknologi budidaya ikan sistem aquaponic “Teknologi ini kedepannya akan menjadi bagian dari masyarakat Sangihe untuk pengembangan budidaya ikan,” tambah Hontong.

Selain itu menurut Hontong wilayah kepulauan Sangihe sangat cocok mengembangkan teknologi aquaponic, dimana banyak peluang yang bisa diciptakan dikarenakan masyarakat Sangihe mayoritas adalah nelayan sehingga penerapan teknologi ini akan lebih mudah. “Harapan kami dengan adanya penerapan teknologi aquaponic bagi masyarakat Sangihe kiranya dapat membantu pembudidayaan ikan di Sangihe,” kunci Hontong. (Andy Gansalangi)