Bupati Minahasa Wakili Indonesia dalam Webinar Jejaring Global Para Kepala Daerah Pesisir di Dunia

oleh -
Bupati Minahasa Royke Octavianus Roring saat mengikuti Webinar Jejaring Global para Kepala Pesisir di Dunia (Foto: istimewa)

TONDANO – Bupati Minahasa Royke Octavian Roring (ROR) menjadi perwakilan Indonesia dalam pertemuan Webinar Jejaring Global kedua kalinya Para Kepala Daerah Pesisir di Dunia yang diselenggarakan oleh RARE. Selain Bupati Minahasa, Bupati Buton juga ikut dalam pertemuan secara virtual ini, Rabu (7/4/2021).

Ada 10 kepala daerah pesisir dari lima negara yang turut serta antara lain, Indonesia, Filipina, Mozambik, Brazil dan Honduras. Pertemuan itu dilakukan secara virtual, dan diikuti Bupati Minahasa dari rumah dinasnya.

Dalam presentasinya, Roring menyampaikan tentang menyusun jejaring kerjasama maritim, tujuannya dengan jejaring ini kita dapat menyusun berbagai hal untuk menjadi usulan kebijakan di wilayah kita masing-masing, juga lewat jejaring ini kita bisa memberi kontribusi terhadap tujuan berkelanjutan.

“Lewat jejaring ini, kita sesama antar benua bisa mengetahui permasalahan yang dihadapi, adapun masing-masing kita memiliki banyak kesamaan sehingga kita dapat menyusun rencana kedepan menyangkut kemaritiman,” ucap Roring.

Pembicara Steve Box dari RARE (Managing Director, Fish Forever) bersama Senior Director for Programmatic Policy and Government Engagement RARE Indonesia Dr Arwandrija Rukma, menyatakan apresiasi yang tinggi atas partisipasi Bupati Minahasa pada kegiatan Webinar jejaring global kepala daerah pesisir ini.

Turut mendampingi bupati, Assisten II Wenny Talumewo, Ka. Bappelitbangda Philip Gerald Siwi, Kadis Kelautan dan Perikanan Lendy Aruperes, Kabag Prokopim Johnny Tendean dan Kabag Umum Lona Oktavianus Karel Wattie.

Dan 10 Kepala Daerah dari 5 Negara yang ikut serta dalam diskusi jejaring Global
– Dari Honduras, Spurgeon Miller, Walikota Guanaja, Wilmer Guzmán, Walikota Iriona, Noel Ruíz, Walikota Santa Fe

– Dari Indonesia, Royke Octavian Roring Bupati Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara dan Ahmad Mulia, Kepala Bappeda Kabupaten Buton mewakili La Bakry, Bupati Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara

– Dari Mozambik, Lucas Simbine Administrator Distrik Inharrime di provinsi Inhambane dan Administrator Distrik Jose Mutoroma dari Dondo di Provinsi Sofala

– Dari Brasil Luciano Gomes – Sekretariat lingkungan dan Keberlanjutan Pará dan Silvano Costa – Sekretaris Lingkungan kotamadya Magalhaes Barata

– Dan dari Filipina, Walikota Jean Te dari Kotamadya Libertad, Antique, Walikota Liza Resurreccion Municipality of Pilar, Surigao del Norte, dan Wakil Walikota Alfredo Coro, Municipality of del Carmen, juga dari Surigao del Norte.

(KORAN SINDO MANADO/Michael Tumbelaka)