Disnaker Minahasa Buka Posko Pengaduan THR Idul Fitri

oleh -
Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Minahasa Arody Tangkere (Koran Sindo Manado/Michael Tumbelaka)

TONDANO – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Minahasa membuka posko pengaduan terkait pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) saat perayaan keagamaan Idul Fitri 2021.

Kepala Disnaker Kabupaten Minahasa Arody Tangkere kepada Koran Sindo Manado mengatakan bahwa posko pengaduan bertempat di Kantor Disnaker Kabupaten Minahasa, tepatnya di Kelurahan Wulauan Kecamatan Tondano Utara.

“Selain sebagai tempat pengaduan, posko ini juga berguna untuk mengantisipasi jika terjadi pelanggaran oleh pihak perusahaan kepada karyawan terkait pembayaran THR, sehingga lewat posko ini kita bisa memantau pembayaran THR oleh perusahaan yang ada di Minahasa untuk karyawan yang sedang merayakan idul fitri,” ucap Tangkere.

Lanjut, Tangkere juga mengatakan, pemberian THR terhadap karyawan yang merayakan hari raya keagamaan merupakan kewajiban perusahaan.

“Berdasarkan surat edaran yang di keluarkan oleh Menteri Tenaga Kerja (Menaker) dengan nomor M/6/HK.04/IV-2021 tentang pelaksaan pemberian THR Keagamaan tahun 2021 bagi pekerja/buruh di perusahaan itu wajib dibayarkan, sementara untuk pembayarannya harus dilakukan paling lambat tujuh hari sebelum hari raya dan tidak boleh melewati batas itu karena akan ada sanksi untuk itu,” jelas Tangkere.

“Bagi para pekerja/buruh yang berada di Kabupaten Minahasa tidak perlu khawatir, karena melihat dari tahun-tahun sebelum kita tidak pernah ada pengaduan, oleh karena itu kami terus mendorong kepada setiap perusahaan agar supaya dapat melaksanakan kewajiban mereka sehubungan dengan pembayar THR keagamaan ini,” tutup Tangkere.

(KORAN SINDO MANADO/Michael Tumbelaka)