Disupport Penuh Wamendag Jerry Sambuaga, Nio’s Oleh-Oleh Manado Tembus Pasar Jepang dan Jerman

oleh -
Meynio Sumendap memamerkan produk UMKM dengan brand Nio's yang kini telah merambah pasar ekspor. (ist)

MANADO — Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga disebut-sebut sebagai  sosok yang berperan sentral dalam pengembangan Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Sejumlah terobosan yang dihadirkan Wamendag Jerry, membuat produk UMKM Indonesia khususnya Sulawesi Utara (Sulut) kini mulai merambah pasar ekspor.

Meynio Sumendap, pelaku UMKM asal Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Provinsi Sulut mengakui, lewat motivasi serta bantuan Kementerian Perdagangan melalui Wamendag Jerry, kini produknya mulai dijual di luar negeri.

“Terima kasih atas kepedulian tinggi yang ditunjukan Wamendag Jerry untuk membawa produk UMKM bersaing di luar negeri. Berkat promosi yang disponsori Disperindag belum lama ini, brand Nio’s yang memroduksi nike tore, cakalang tore, roa tore, sambal cakalang dan pampis sudah tembus Jepang dan Jerman,” ungkap Meynio, owner Nio’s.

Wamendag Jerry Sambuaga bersama sejumlah pelaku UMKM di Sulawesi Utara, belum lama ini. (ist)

Ia menambahkan, program Kick-Off bertajuk “Dukung UMKM Indonesia Timur” yang diinisiasi Wamendag Jerry dengan menggandeng Google meningkatkan kepercayaan diri pelaku UMKM untuk mengekspor produk ke pasar global semakin tinggi.

Terlebih, pelalu UMKM dibekali cara penggunaan teknologi digital. “Suatu kebanggaan kami warga Sulut, perhatian Wamendag untuk pelaku UMKM di sini sangat besar. Bangga melihat kinerja putra kebanggaan warga Kawanua yang peduli terhadap pengembangan UMKM,” tutur Mey, sapaan akrabnya. Ke depan, Mey berharap, Kementerian Perdagangan lebih memperluas pasar ekspor untuk UMKM agar lebih banyak lagi pembeli dari luar negeri. (kimgerry)