Tujuh Catatan Menarik Hasil Imbang Real Madrid vs Chelsea

oleh -
Thiago Silva (depan) beraksi saat Chelsea melawat ke markas Real Madrid di babak semifinal Liga Champions, Rabu (28/4/2021). (Foto: istimewa)

MADRID – Real Madrid gagal memetik hasil maksimal usai ditahan imbang Chelsea dengan skor 1-1 di leg pertama semifinal Liga Champions 2020/2021 . Banyak catatan menarik tersaji dalam laga itu.

Menjamu Chelsea di Alfredo Di Stefano, Madrid, Rabu (28/4/2021) dini hari waktu Indonesia, Real Madrid lebih dulu kebobolan pada menit ke-14 lewat aksi Christian Pulisic. Karim Benzema kemudian menyamakan skor jadi 1-1 di menit ke-29.

Dengan hasil itu, Madrid wajib menang saat melawat ke markas Chelsea di leg kedua pekan depan. Apalagi kubu The Blues mengantongi keunggulan berupa produktivitas gol tandang di leg pertama.

Menurut catatan Opta, setidaknya terdapat tujuh fakta menarik dari laga tersebut. Berikut ulasannya:

1. Chelsea Catat Rekor Penampilan Terbanyak di Semifinal

Chelsea mencatat rekor sebagai klub Inggris dengan penampilan terbanyak di semifinal Liga Champions 2020/2021. Klub asal kota London sudah delapan kali tembus empat besar— terbanyak di antara klub Premier League lain. Sedangkan Real Madrid sudah 14 kali tampil di babak ini.

2. Thiago Silva Pemain Tertua dalam Dua Dekade

Thiago Silva, 36 tahun, menjadi pemain tertua dalam dua dekade terakhir di semifinal Liga Champions 2020/2021, ketika ia dipasang Chelsea sebagai starter pada laga kontra Real Madrid, Rabu (28/4/2021). Usianya saat ini tercatat 36 tahun 217 hari.

Rekor sebelumnya dipegang Ryan Giggs ketika menjadi starter untuk Manchester United kontra Schalke, April 2011 lalu. Usia Giggs pada saat itu 37 tahun 148 hari.

3. Karim Benzema Masih Moncer

Karim Benzema telah mencetak 71 gol di Liga Champions. Penyerang berpaspor Prancis itu tercatat sebagai pencetak gol terbanyak keempat dalam kompetisi, di belakang Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, dan Robert Lewandowski.

4. Christian Pulisic Ukir Tinta Emas

Christian Pulisic menjadi pemain Amerika Serikat pertama yang mencetak gol di semifinal Liga Champions Eropa (UEFA). Pemain berusia 22 tahun ini juga menjadi pencetak gol termuda Chelsea di babak empat besar dalam sejarah kompetisi ini.

5. Thomas Tuchel Belum Tercoreng di Depan Madrid

Thomas Tuchel belum pernah kalah menghadapi Real Madrid di Liga Champions. Pelatih Chelsea yang pernah membesut Paris Saint-Germain dan Borussia Dortmund itu sudah bentrok Madrid lima kali dengan rekor satu kemenangan dan empat hasil imbang.

6. Lini Depan Real Madrid Gagal Fokus

Real Madrid cuma mencatatkan satu tembakan tepat sasaran (shoot on target) saat menjamu Chelsea di leg pertama semifinal Liga Champions 2020/2021. Rapor merah serupa pernah dirasakan Madrid ketika menghadapi Chelsea di musim 2003/2004.

7. Jatuh-Bangun Eder Militao

Eder Militao jadi pemain paling sibuk di wilayah pertahanan Real Madrid saat menerima gempuran pemain Chelsea. Bek 23 tahun asal Brasil itu tercatat memenangkan enam tekel— lebih banyak dari pemain Madrid lain dalam satu pertandingan. Kompatriot Militao di Madrid, Marcelo Vieira , pernah  pencapaian serupa ketika bentrok Huesca, Oktober 2020.

(Sumber: sindonews.com)