Hujan Deras Guyur Kepulauan Sangihe, Aktivitas Ekonomi Sepi

oleh -
Hujan di wilayah Sulut, termasuk Kabupaten Sangihe. (FOTO: Istimewa)

TAHUNA – Cuaca buruk kembali landa wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe, sejak hari Minggu (16/5/2021) hingga Senin (17/5/2021).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Sangihe Rico Pudihang mengingatkan masyarakat akan bahaya longsor atau bencana alam akibat hujan deras.

“Mengingat struktur tanah di wilayah Sangihe terbilang labil maka perlu kewaspadaan akan adanya bencana alam atau longsor,” kata Pudihang.

Tak hanya itu, jalan Sangihe kebanyakan di tepi gunung juga rawan longsor hal itu perlu diwaspadai oleh masyarakat yang hendak berkendaraan melintas jalan berpotensi terjadi longsor. “Perlu juga diwaspadai kondisi jalan kita di Sangihe agar masyarakat terhindar dari musibah, sebaiknya jika hujan masih mengguyur masyarakat diminta untuk tidak melakukan perjalanan,” tambah Pudihang.

BPBD pun berharap apabila terjadi bencana masyarakat maupun pemerintah setempat agar segera menginfokan ke pemerintah daerah agar segera dilakukan penanganan.

Di sisi lain akibat cuaca buruk, aktivitas perekonomian pun turut terganggu tempat perbelanjaan terlihat sepi, jalan kota Tahuna juga terpantau lengah tak seperti biasanya. Hal itu diakui oleh salah satu sopir angkutan kota (Angkot) Johanes Karel, pendapatannya juga mengalami penurunan diakibatkan sedikit masyarakat keluar rumah menggunakan angkot.

“Cuaca buruk seperti ini kami sopir angkot turut merasakan dampaknya, pendapatan menurun karena jarang orang keluar rumah,” Ungkap Karel. (Andy Gansalangi)