Pemkab Boltim dan Kemenkumham Sulut Jalin Kerja Sama

oleh -
Sam Sachrul Mamonto (SSM), Bupati Kabupaten Boltim. (FOTO: Istimewa)

BOLTIM – Terkait pembentukan produk hukum daerah, serta perlindungan dan pemanfaatan kekayaan intelektual.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menjalin kerjasama dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Utara (Sulut), melalui penandatanganan nota kesepahaman Memorandum of Understanding (MoU) antara Kepala Kanwil Kemenkumham Sulut Lumaksono dengan Bupati Sam Sachrul Mamonto yang didampingi Wakil Bupati Oscar Manoppo, di Kantor Wilayah Kemenkumham Sulut, Manado, Selasa (18/5/2021).

Dalam sambutannya, Sachrul mengatakan, sasaran utama kerja sama tersebut adalah untuk memberi kemudahan bagi Pemkab Boltim, dalam penyusunan dan penegakan produk hukum hak kekayaan intelektual dan peningkatan kesadaran masyarakat, terlebih kepada para pelaku usaha dalam rangka perlindungan hak atas kekayaan intelektual. Menurutnya, pemerintah daerah masih sangat membutuhkan bimbingan, arahan, serta fasilitas terkait pembentukan produk hukum daerah dan perlindungan pemanfaatan kekayaan intelektual, bagi pelaku UMKM maupun pelaku ekonomi lainnya.

“Hal ini guna mencegah penyalahgunaan hak cipta atau merk oleh pihak yang tak bertanggungjawab, serta beresiko melakukan ekspolitasi manfaat ekonomi dari hak cipta atau merk,” kata Sachrul. Ia berharap kerjasama ini akan terus terjalin. Sehingga, dapat tercipta senergitas dan kontribusi yang positif, yang nantinya bisa melahirkan regulasi yang baik, taat azas, mempunyai kepastian hukum serta dapat memberikan kemanfaatan. “Melalui MoU ini, diharapkan Pemkab Boltim mendapatkan bantuan dalam hal perencanaan penyusunan perda, naskah akademik, serta pendidikan dan pelatihan bidang pembentukan produk hukum daerah, serta perlindungan pemanfaatan kekayaan intelektual baik komunal maupun personal,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulut Lumaksono menyampaikan, nota kesepahaman kerjasama tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan koordinasi dan kemitraan. Dimana, bertujuan untuk saling menunjang pelaksanaan tugas dibidang pembentukan produk hukum daerah, antara Pemkab Boltim dengan Kanwil Kemenkumham Sulut. “Diantaranya pelaksanaan perencanaan program pembentukan Perda, penyusunan Ranperda, serta produk hukum daerah lainnya. Selain itu, penyusunan naskah akademik, penyebarluasan produk hukum daerah, serta pendidikan dan pelatihan bidang pembentukan produk hukum daerah,” pungkas Lumaksono. (Novianti Kansil)