Danrem 131/Santiago Brigjen Prince Meyer Lepas 265 Prajurit Amankan Pulau Terluar Sulut

oleh -
Pemberangkatan Satuan Tugas Operasi Pengamanan Pulau-pulau terluar (Satgas Pamputer) Kodam XIII/Merdeka Tahun 2021.(FOTO: Istimewa)
MANADO – Komando Resort Militer 131/Santiago gelar Upacara Pemberangkatan Satuan Tugas Operasi Pengamanan Pulau-pulau terluar (Satgas Pamputer) Kodam XIII/Merdeka Tahun 2021 yang berlangsung di Lapangan Makorem 131/Santiago, Senin (24/4/2021).
Acara pemberangkatan ini dipimpin langsung oleh Komandan Korem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong , dimana sebanyak 265 personil yang tergabung dalam Satgas Pamputer 2021 dari jajaran Korem 131/Santiago diberangkatkan hari ini untuk melaksanakan tugas operasi Pengamanan Pulau-pulau terluar di wilayah Provinsi Sulawesi Utara yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Filipina.
Sebelum diberangkatkan, para personel Satgas tersebut telah dibekali dengan materi yang memadai melalui tahapan yang diprogramkan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut.
Dalam sambutanya Danrem selaku komandan komando pelaksana operasi (Dankolakops) mengatakan penugasan ke daerah pulau-pulau terluar bagi setiap prajurit merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan.
“Hal ini sebagai bukti bahwa TNI sebagai komponen inti pertahanan masih dipercaya oleh negara untuk mengemban tugas menjaga dan mengamankan Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”, ujar Danrem.
Danrem pun mengingatkan kepada seluruh personel Satgas Pengamanan Pulau-pulau Kecil Terluar untuk menghindari terjadinya pelanggaran disiplin murni.
“Pelanggaran itu yang dapat dikategorikan tindak pidana militer seperti insubordinasi, desersi, perkelahian antara sesama prajurit serta TNI dengan Polri, tindakan asusila serta narkoba, sehingga akan merugikan diri kalian sendiri dan keluarga serta mencoreng nama baik satuan, lebih khusus citra TNI AD di mata masyarakat,” tegas jenderal bintang satu tersebut.
Diketahui, Satgas rencananya akan diberangkatkan pada hari ini ke wilayah tugas masing-masing, yaitu pulau-pulau kecil terluar di Kabupaten Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Filipina.
Untuk masing-masing wilayah, para Dandim sekaligus menjabat Dansatgas, yaitu Dansatgas Kodim 1301/Sangihe Letkol Inf Rachmat Christanto dan Dansatgas Kodim 1312/Talaud Letkol CZi Irwan Guptarohman.
Brigjen TNI Prince Meyer Putong pun berpesan agar Satgas dapat melaksanakan tugas pengamanan sesuai dengan prosedur yang berlaku, tapi tidak lalai menjalankan protokol kesehatan.
“Adakan monitoring terhadap perkembangan situasi secara terus menerus selama melaksanakan tugas. Jangan lupa, dalam setiap kegiatan tetap mengikuti protokol kesehatan,” pungkas Danrem.
Diketahiu turut hadir dalam upacara tersebut, Kasrem 131/Santiago Kolonel Arm Franky Watuseke, para asisten Kodam XIII/Merdeka, mewakili Karo Ops Polda Sulut AKBP Sigit Ali Ismanto SIK, para Kasi Korem 131/Santiago, para Dandim, para Balak Ajudam XIII/Merdeka dan para jurnalis. (Deidy Wuisan)