Aset Pemkab Boltim Bakal Dinilai Kembali untuk Penyesuaian

oleh -
Wabup Boltim Oskar Manoppo saat berada di ruangan kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL), Manado. (FOTO: Istimewa)

BOLTIM – Menindaklanjuti hasil pertemuan dengan Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulut beberapa waktu lalu, Wakil Bupati Boltim, Oskar Manoppo langsung melakukan kunjungan ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Manado, Senin (24/5/2021) lalu.

Adapun tujuan kunjungan tersebut, terkait penatausahaan Aset Barang Milik Daerah (BMD) di lingkungan Pemkab Boltim. Kepala Bidang Aset Ridel Ambarak mengatakan, pertemuan tersebut membicarakan tentang beberapa hal terkait penatausahaan aset daerah, yang nantinya akan dilakukan penilaian kembali untuk disesuaikan dengan keadaan saat ini. “Ada beberapa Aset milik daerah berupa tanah jalan dan bangunan, yang nantinya akan dilakukan penyesuaian kembali dengan nilai saat ini,” kata Ridel.

Ridel menambahkan, selain penatausahaan Aset Daerah berupa tanah jalan dan bangunan, Wabup Oskar juga mengusulkan penilaian aset berupa kendaraan dinas baik roda empat dan roda dua, yang nantinya akan dilakukan pelelangan oleh pihak KPKNL untuk tahun depan. Dalam kunjungan itu, Wabup Oskar Manoppo didampingi Kepala Bidang Aset Ridel Ambarak dan diterima langsung oleh Kepala KPKNL, Rofiq Mansyur yang diwakili oleh salah satu bagian penilaian KPKNL, Ari.

Sebelumnya, Bupati Sam Sachrul Mamonto bersama Wakil Bupati Oscar Manoppo melakukan kunjungan ke Kantor Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di Manado, pada Jumat, 21 Mei.

Kunjungan yang dilakukan dalam rangka silaturahmi sekaligus audiens dengan Kepala BPK RI Perwakilan Sulut, terkait beberapa hal tentang perbaikan sistem pengelolaan keuangan daerah, diantaranya penataan aset daerah, standar akuntasi pemerintahan, pendapatan dan belanja daerah serta semua yang berhubungan dengan laporan keuangan pemerintah daerah. (Novianti Kansil)