Percepat KEK Bitung, Menteri Investasi Tinjau Lokasi dan Beber Dapat Dua Investor Perikanan

oleh -
Gubernur Olly Dondokambey dan Wali Kota Bitung Mourits Mantiri mendampingi Menteri Investasi Bahlil Lahadalia saat memantau area KEK Bitung. (istimewa)

BITUNG – Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menyambangi kantor administrasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, di Sagerat, Kecamatan Matuari Kota Bitung, Sabtu (12/6/2021).

Bahlil Lahadalia di wilayah Pelabuhan Petikemas mengatakan, kedatangannya atas perintah Presiden Joko Widodo.

“Saya diperintahkan Pak Presiden untuk mengecek langsung KEK Bitung. Dan saya sudah datang dan melihat, pembangunannya hampir rampung,” ujar Bahlil.

Kunjungan Menteri Bahlil ke KEK Bitung, didampingi langsung Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Sekprov Sulut Edwin Silangen.

Hadir pula Wali Kota Bitung Maurits Mantiri, Anggota DPRD Sulut Rocky Wowor, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sulut Franky Manumpil dan sejumlah pejabat lainnya.

Pada kunjungan tersebut, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia melihat langsung konektifitas antara pelabuhan dan kawasan ekonominya serta fasilitas penunjang lainnya.

Gubernur Olly menunjukan posisi Bitung yang berhadapan langsung dengan Samudra Pasific sehingga memudahkan investor untuk masuk.

Lanjut Bahlil, sudah ada dua investor di industri perikanan yang siap masuk ke KEK Bitung.

“Tugas saya mencari investor untuk masuk kesini. Saya sudah dapat dua investor terutama di industri perikanan. Tapi kepastiannya bagaimana, setelah saya balik ke Jakarta,” kata menteri.

Hasil kunjungan ke Bitung, akan langsung didiskusikan dengan Kementerian Perdagangan.

“Persoalan infrastrukturnya sudah tidak ada masalah. Buktinya, fasilitas listriknya sudah ada, jalan tol sudah ada. Tinggal polesan sedikit saja. Maka nanti saya pulang, akan berkoordinasi dengan menteri perdagangan untuk bisa dipercepat prosesnya,” ungkapnya.

“Saya berkeyakinan besar karena gubernurnya ini berpikir global bertindak lokal, jarang-jarang daerah punya kepala daerah begini. Saya yakin kami akan berkolaborasi untuk melakukan tindakan-tindakan yang kongkrit dan cepat,” sambungnya.

Ia memuji Gubernur Sulut, Olly Dondokambey dan Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri.

Menurut Bahlil, Olly dan Maurits yang berpikir global untuk kemajuan daerahnya.

“Saya punya keyakinan besar, karena Gubernurnya yang berpikir global dan bertindak lokal. Jarang-jarang kepala daerah berpikir seperti ini, kami yakin dan percaya kami akan melakukan kolaborasi, tindakan konkrit dan cepat,” katanya.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Bitung yang sangat humanis dan baik serta joke-jokenya.

“Dengan gaya seperti itu, kerjasama pemerintah pusat, provinsi Sulut dan Kota Bitung bisa kerjasama terus menerus,” katanya.

Terkait hasil kunjungan, Bahlil menyatakan Kota Bitung sudah sangat siap dan berjanji setelah kembali ke Jakarta akan segera menggelar rapat koordinasi dengan Menteri Perdagangan terkait percepatan lahan KEK.

“Kami juga akan membantu mencari tau tentang, apa yang diinginkan tenant atau calon investor seperti kemudahan dan insentif untuk KEK Kota Bitung,” katanya.

Hadir juga dalam kunjungan itu, Wakil Wali Kota Bitung, Hengky Honandar, Sekretaris Daerah Kota Bitung, Audy Pengamanan dan Plt Asisten II sekaligus Kepala Dinas Perdagangan, Benny Lontoh. (rivco tololiu)