Yonmarhanlan VIII Bitung Bantu Padamkan Api di Kebakaran Pasar Tua Maesa Bitung

oleh -
bantu padamkan api. (Istimewa)

BITUNG- Sebanyak 1 SST Prajurit Yonmarhanlan VIII Bitung dipimpin   langsung oleh Danyonmarhanlan Letkol Marinir Anugerah Auliadi Santoso    diturunkan membantu memadamkan kebakaran di kompleks pasar tua lingkungan 4 RT 12 Jl. Yos Sudarso Kelurahan Bitung Timur, Kecamatan Maesa, Kota Bitung, Rabu(23/6/2021).

Musibah kebakaran yang ditandai adanya kepulan asap tebal tersebut,  pertama kali terlihat oleh Danyonmarhanlan VIII Bitung Letkol Marinir Anugerah Auliadi Santoso pada saat menyaksikan prajuritnya yang tengah melaksanakan olah raga bola voli.

Melihat hal tersebut, Danyonmarhanlan VIII Bitung langsung memerintahkan salah satu prajurit untuk mengecek lokasi asalnya asap tebal. Selang beberapa menit setelah dicek memang benar ada beberapa rumah yang sedang terbakar.

Atas kejadian itu, dengan sigap Danyonmarhanlan VIII Bitung memerintahkan Pasi Ops Kapten Mikael Rolen untuk memberangkatkan personel ke lokasi kebakaran.

Kepada prajuritnya, Danyonmarhanlan VIII Bitung Letkol Marinir Anugerah Auliadi Santoso memberikan sejumlah arahan penting, sebelum menuju lokasi kebakaran, antara lain bantu warga semaksimal mungkin untuk mengamankan barang barang berharga, bantu tim kebakaran dengan mengatur jalur pemadaman, dan utamakan faktor keselamatan personel.

” Bekerja cepat dan tepat, amankan barang berharga serta membantu jalur pemadaman yang dilaksanakan” ujar dia.

Pantauan, sesampai di lokasi para Prajurit Petarung berjibaku dengan si jago merah menggunakan material yang ada dan alat pemadam kebakaran dari Dinas Damkar, Pertamina dan PDAM Kota Bitung.

Berkat upaya kerja keras Prajurit Yonmarhanlan VIII bersama warga selama 1,5 jam berjuang api berhasil dipadamkan dan terpantau lebih dari 50 rumah warga dan 1 sarana ibadah berupa Masjid hangus terbakar karena sebagian besar rumah menggunakan papan kayu / triplek dan tidak ada korban jiwa.

Terpantau di lokasi kebakaran, Danyonmarhanlan VIII Letkol Marinir Anugerah Auliadi Santoso didampingi Pasiops Yonmarhanlan VIII Bitung Kapten Marinir Mikael Rolen, turut membantu warga saat itu antara lain  Wakil Walikota Bitung Hengky Honandar, Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Benny Lesmana, Kapolres Bitung AKBP Indra Pramana, Camat Maesa Kota Bitung Henry Posumah, Kepala BPBD kota Bitung Rudi Wongkar serta Kasat Pol PP kota Bitung Herry Benyamin. (valentino warouw)