Olly Dukung Rusunawa Sagerat Weru Jadi Rumah Sakit Darurat Covid-19

oleh -
Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat meninjau lokasi. (FOTO: Istimewa)

BITUNG – Keseriusan pemerintah Kota Bitung menjadikan Tower Tenggiri Rumah Susun Sewa (Rusunawa) di Kelurahan Sagerat Weru Satu Kecamatan Matuari Bitung sebagai rumah sakit darurat didukung oleh Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey. Rumah sakit darurat ini merupakan solusi untuk mengantisipasi lonjakan pasien terdeteksi dan terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Bitung guna mendapat penanganan dan perawatan.

Pasalnya, ketersediaan tempat tidur untuk pasien Covid-19 di rumah sakit sudah tidak mencukupi dari total jumlah pasien. “Semua kami suport mulai dari Alat Pelindung Diri (APD) sampai obat-obatan kami kirim. Jadi sinergitas pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dengan Kota Bitung berjalan dengan baik. Jika memang Kota Bitung belum siap kami bantu segala sesuatu,” kata Gubernur Sulut Olly Dondokambey, disela meninjau rumah sakit darurat di Rusunawa Tower Tenggiri Bitung, Selasa (27/7/2021).

Menurut Olly, menuturkan, keberadaan Rusunawa di Sagerat Bitung yang dijadikan rumah sakit darurat bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan kasus dan pencegahan serta pengendalian Covid-19. Ketersedian tempat tidur untuk para pasien, sejumlah 96 tempat tidur dan kamar. “Bisa menunjang, jika rumah sakit daerah di Kota Bitung ketersediaan tempat tidur tidak mencukupi,” ucapnya lagi.

Saat bersamaan, Wali Kota Bitung Maurits Mantiri, mengatakan, pememerintah Kota Bitung telah menambahkan kamar di rumah sakit daerah hingga rumah sakit swasta. “Ketersediaan kamar di rumah sakit menjadi salah satu kendala sehingga Kota Bitung berada di PPKM Level 4. Kami sudah ada solusi dengan menambahkan kamar. Apalagi ditunjang oleh rumah sakit darurat pasti penanganan pasien Covid-19 akan maksimal,” tandasnya.

Sementara itu, hadir pula pada kesempatan tersebut, Sekprov Sulut Edwin Silangen, Kepala Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulut dr Debby Kalalo, Kapolda Sulut Irjen Nana Sudjana, Wakil Wali Kota Hengky Honandar, Plt Kadis Kesehatan Bitung dr Piter Lumingkewas, Kapolres Bitung AKBP Indrapramana, dan Kapolsek Matuari Kompol Andri Permana. Puncak kegiatan dengan penandatanganan penetapan rumah sakit darurat dan SOP Kesehatan oleh Wali Kota Bitung Maurits Mantiri disaksikan oleh rombongan yang hadir. (Jackmar Tamahari)