Gubernur Olly Dondokambey Akui Peran FKUB Sangat Penting dan Banyak Manfaat

oleh -
Tampak, Gubernur Olly Dondokambey saat melantik pengurus FKUB Sulut. (istimewa)

MANADO – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengakui Forum Koordinasi Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sulut mempunyai peranan yang sangat penting dan banyak manfaat.

Hal ini dikatakannya usai melantik pengurus FKUB Provinsi Sulut di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut.
Menurutnya, FKUB yang dibentuk oleh Pemerintah Pusat sangat bermanfaat bagi kehidupan bermasyarakat, seperti di Provinsi Sulut, Rabu (22/9/2021).

“Karena ada hal-hal yang tidak kita inginkan di tengah-tengah gejolak situasi, kondisi negara yang semakin terbuka seperti ini. Ternyata peran FKUB sangat penting, koordinasi untuk melakukan sosialisasi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat kita lebih khusus kepada masyarakat Sulawesi Utara,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua FKUB Sulut, Pdt Lucky Rumopa mengatakan pada tahun 2019, Provinsi Sulut sempat berada pada posisi urutan dua terbaik kerukunan secara nasional.

“Namun sampai sekarang ini di tengah pandemi Covid-19 belum  ada lagi parameter penilaian. Tapi kami bersyukur masih ada dua kota yakni Kota Tomohon dan Manado adalah dua daerah dengan kota toleransi tertinggi di indonesia. Kami berharap untuk merpertahankan dan  kalau boleh juga menghasilkan daerah-daerah lain untuk lebih kuat dan maju ditengah-tengah kerukunan yang ada,” ujarnya.

Ia berharap, mudah-mudahan pada tahin 2021 ini kerukunan di Sulut boleh naik di peringkat pertama.

“Oleh karena Sulut dipercayahkan oleh bapak Presiden pada bulan November sebagai tuan rumah kongres nasional ke VI dan sekaligus pekan kerukunan internasional dan itu sudah masuk agenda nasional,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, Sekprov Sulut Edwin Silangen, Kakanwil Kemenag Sulut, Anwar Abubakar, Ketua DPRD Sulut Andy Silangen, Perwakilan Forkopimda Sulut, Bupati Minut Joune Ganda, Bupati Bolmut Depri Pontoh dan Kaban Kesbangpol Sulut Evans Liow. (rivco tololiu)